TESIS PAI
Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Islam di SMP IT Subhanah Subah Batang
Pendidikan karakter adalah upaya untuk menjadikan suatu kekuatan yang muncul dari dalam hati manusia yang tercermin dari tingkah laku yang lahir tanpa memerlukan pemikiran terlebih dahulu, yang dalam pelaksanaannya sudah menjadi kebiasaan. Apabila perbuatan itu baik maka itu disebut dengan karakter yang baik, dan apabila buruk maka disebut dengan karakter yang buruk.
Penggunaan nilai-nilai Islam sebagai basis bagi pendidikan karakter di negara Indonesia adalah sebuah keniscayaan. Karena bangsa Indonesia adalah negara yang berlandaskan pancasila, dimana nilai-nilai ketuhanan memiliki posisi yang utama dan djadikan sebagai sila pertama dalam pancasila.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah field reaserch atau penelitian lapangan. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian diolah dengan tekhnik interaktif, dengan langkah-langkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep pendidikan karakter di SMP IT Subhanah Subah Batang meliputi (a) definisi pendidikan karakter yang dipakai di SMP IT Subhanah Subah adalah “Pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia serta berilmu pengetahuan dan mampu menguasai tekhnologi sesuai dengan perkembangan zaman, proses pendidikan tersebut berlandaskan nilai-nilai Islam”. (b) Dasar-dasar yang digunakan adalah berasal dari dasar-dasar agama atau dasar-dasar teologis dan dasar-dasar dari peraturan perundangan yang berlaku atau dasar konstitusional. (c) Modelnya dengan dua cara (i) mengembangkan mata peajaran Pendidikan Agama Islam (ii) mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam mata pelajaran umum. (d) Tujuannya mengacu kepada visi dan misi, kemudian dijabarkan ke dalam tujuan masing-masing urusan. (2) Implementasi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam meliputi (a) perencanaan meliputi perencanaan yang dilakukan oleh (i) sekolah, yaitu penyiapan kurikulum, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, peserta didik dan pembiayaan. (ii) perencanaan yang dilakukan oleh guru meliputi pembuatan program tahunan dan program semester, sylabus, RPP dan evaluasi. (b) Implementasi dibidang pengorganisasian meliputi pembagian tugas, pembagian beban kerja dan hubungan kerja. (c) Implementasi di bidang kegiatan belajar mengajar meliputi kegiatan intrakulikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler.(d) implementasi dibidang evaluasi meliputi evaluasi hasil belajar dan evaluasi sikap dan tingkah laku.(3) Dampak pelaksanaan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam peserta didik memiliki(a) nilai yang bagus pada penilaian hasil belajar. (b) memiliki nilai yang bagus pada penilaian sikap dan tingkah laku.
18TS1852001.00 | TS Pps.PAI 18.001 SET i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain