SKRIPSI PAI
Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Menanamkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMP N 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Rosida, Eni. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 pada matapelajaran PAI dalam Menanamkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMP N 1 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Skripsi Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Prodi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.Pembimbing Masykur, M.Ag.
Kurikulum yang diterapkan di Indonesia saat ini adalah Kurikulum 2013 dengan pembelajaran mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Namun kenyataan yang terjadi sekarang bahwa proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kurang menyentuh bagaimana mengubah pengetahuan agama yang bersifat kognitif menjadi makna dan nilai yang perlu diinternalisasikan dalam sikap atau ranah afektif siswa. Kemajuan tekhnologi yang seharusnya digunakan sebagai media pembelajaran justru disalahgunakan dan menjadi alat untuk kegiatan negatif yang seharusnya tidak dilakukan siswa sehingga akhir-akhir ini banyak siswa yang terjerumus dalam kasus kriminalitas. Permasalahan tersebut sebagai fakta bahwa di kalangan pelajar khususnya usia SMP/MTS masih mengalami kemerosotan kecerdasan spiritual atau kemiskinan spiritual.
SMP N 1 Wonopringgo merupakan salah satu sekolah piloting atau menjadi sekolah induk klaster dari Pemerintah Kabupaten Pekalongan untuk menerapkan Kurikulum 2013. Kemudian pembelajaran PAI di kelas VII sesuai dengan KI 1 ranah spiritual di sini guru PAI juga senantiasa mengolah pembelajaran yang aktif dalam menanamkan kecerdasan spiritual siswa.Oleh sebab itulah menanamkan kecedasan spiritual siswa sangat penting untuk dilakukan dengan pembelajaran aktif sesuai dalam kurikulum 2013.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Rumusan masalah yaitu bagaimana pembelajaran PAI kelas VII dan Bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI dalam menanamkan kecerdasan spiritual siswa kelas VII di SMP N 1 Wonopringgo Pekalongan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pembelajaran PAI dan mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI dalam menanamkan kecerdasan spiritual siswa. Hasil penelitian bahwa pembelajaran PAI kelas VII dalam Kurikulum 2013 adalah pembelajaran aktif mencakup kognitif, afektif dan psikomotorik dengan metode pembelajaran discovery learning dengan penilaian autentik. Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI dalam menanamkan kecerdasan spiritual siswa dengan melaksanakan empat kompetensi inti yaitu spiritual, sosial, pengetahuan dan ketrampilan. Secara khusus menanamkan kecerdasan spiritual siswa dengan melaksanakan indikator dari sikap spiritual dari KI 1 yaitu berdo’a, salam, melaksanakan sholat, membaca alquran dan toleransi beragama dengan metode aktif dari guru PAI serta melalui program sekolah yaitu tadarus alquran, budaya 5S,kegiatan sosial dan keagamaan.
18SK1821065.00 | SK PAI 18.065 ROS i | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain