SKRIPSI PAI
Pengaruh Penggunaan Variasi Metode Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Tahun Ajaran 2015/2016 (Studi kasus di SMA N 3 Slawi Kabupaten Tegal)
Ningsih, Siti Setia. 2021112039. 2017.“Pengaruh Penggunaan Variasi Metode Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Tahun Ajaran 2015/2016 (Studi Kasus Di Sma N 3 Slawi Kabupaten Tegal)”.Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan KeguruanInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Akhmad Afroni, M. Pd
Kata Kunci : Variasi Metode, Minat Belajar Siswa.
Menurut zaenal mustakim, dalam proses belajar mengajar pendidik harus memberikan pengalaman yang bervariasi dengan metode yang efektif dan bervariasi. Penggunaan metode yang bervariasi berfungsi untuk saling melengkapi kelemahan-kelemahan metode satu dengan yang lainnya. Pendidikan agama Islam memiliki peranan sangat penting dalam dunia pendidikan khususnya bagi peserta didik yang beragama islam. Karena pendidikan agama Islam merupakan ikhtiar manusia dengan jalan bimbingan dan pimpinan untuk membantu dan mengarahkan fitrah agama si anak didik menuju terbentuknya kepribadian utama(berakhlakul karimah) sesuai dengan ajaran agama Islam. Oleh karena itu dalam pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah perlu diupayakan bagaimana agar dapat mempengaruhi dan menimbulkan motivasi intrinsik melalui penataan metode pembelajaran yang bervarisi. Dengan adanya dorongan untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam PAI maka akan menumbuhkan minat belajarsiswa dalam pembelajaran PAI.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan variasi metode pembelajaran di SMA N 3 Slawi Kabupaten Tegal, Bagaimana minat belajar siswa dalam pembelajaran PAIdi SMA N 3 Slawi, Bagaimana pengaruh penggunaan variasi metode pembelajaran terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI tahun ajaran 2015/2016 di SMA N 3 Slawi Kabupaten Tegal. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana penggunaan variasi metode pembelajaran di SMA N 3 Slawi Kabupaten Tegal, untuk mengetahui bagaimanaminat belajar siswa dalam pembelajaran PAIdi SMA N 3 Slawi, untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi metode pembelajaran terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI tahun ajaran 2015/2016 di SMA N 3 Slawi Kabupaten Tegal..
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah studi lapangan dengan metode penelitian kuantitatifKorelasi yaitu penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numerial (angka) yang diolah dengan metode statistika. Dengan menggunakan analisa regresi liniear sederhana.
18SK1821062.00 | SK PAI 18.062 NIN p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain