SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Di SMPLB Negeri Wiradesa
Istikharoh. 2017. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SMPLB NEGERI WIRADESA. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dr. H. Muhlisin, M.Ag.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita, SMPLB Negeri Wiradesa.
Karakter merupakan sesuatu yang sangat penting dan vital bagi tercapainya tujuan hidup manusia. Baik dan buruknya karakter seseorang akan berpengaruh pada tercapainya tujuan hidup yang diharapkan. Anak penyandang tunagrahita merupakan bagian dari anak berkebutuhan khusus yang mengalami permasalahan dalam hal karakter. Keterbatasan mental yang mereka miliki mengakibatkan anak tunagrahita mengalami kesulitan belajar secara akademik, kesulitan dalam hubungan interpersonal, kesulitan dalam menilai situasi, ketergantungan kepada orang lain, konflik dan frustasi sehingga hal-hal tersebut berpengaruh pada karakter yang mereka miliki. Adapun masalah karakter yang dialami anak tunagrahita diantaranya ialah mudah berbohong, kurang sopan dalam bertindak dan berbicara, kedisiplinan yang kurang, pergaulan dengan lawan jenis yang kurang sopan serta masalah karakter yang lain. Berdasarkan latar belakang kondisi tersebut, maka pendidikan karakter diharapkan dapat menjadi salah satu upaya yang dapat menunjang perbaikan sekaligus pembentukan karakter pada anak tunagrahita. Pendidikan agama Islam menjadi salah satu pilar dalam strategi pengembangan pendidikan karakter secara mikro, hal tersebut dikarenakan dalam pendidikan agama Islam karakter dikembangkan sebagai dampak pembelajaran sekaligus sebagai dampak pengiring. Maka berdasarkan hal tersebut diharapkan karakter anak tunagrahita akan menjadi lebih baik melalui implementasi pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.
Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, yaitu bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SMPLB Negeri Wiradesa dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter melalui pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SMPLB Negeri Wiradesa. Tujuan yang hendak dicapai ialah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SMPLB Negeri Wiradesa beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan bagi semua pihak yang membutuhkan terkait dengan implementasi pendidikan karakter yang dilakukan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terkhusus bagi anak tunagrahita.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan langkah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan jenis analisis data ialah berpedoman pada Miles and Huberman yaitu aktifitas reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
18SK1821058.00 | SK PAI 18.058 IST i | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain