SKRIPSI PAI
Hubungan Interaksi Edukatif Guru dan Siswa Dengan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 1 Tirto
Nisa’, Khairun. NIM. 2021112133. 2017. Peran Edukatif Single Parent dalam Menumbuhkembangkan Sikap Percaya Diri Remaja di Desa Lebo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Skripsi Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dr. Slamet Untung, M.Ag.
Kata kunci: Single Parent dan Sikap Percaya Diri Remaja.
Remaja yang memiliki sikap percaya diri yang baik, akan mampu beradaptasi dengan lingkungannya, mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, serta berani dalam bertindak. Sikap percaya diri remaja sangat dipengaruhi oleh faktor keluarga, sehingga orang tua menjadi sangat kuat pengaruhnya. Permasalahannya, apabila seorang remaja diasuh oleh orang tua tunggal (single parent) sikap percaya diri remaja mengalami krisis sikap percaya diri atau tidak. Hal ini yang mendorong single parent harus mampu melaksanakan perannya dalam menumbuhkembangkan kepercayaan diri remaja tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitan ini yaitu peran edukatif single parent dalam menumbuhkembangkan sikap percaya diri remaja di desa Lebo, faktor pendukung dan penghambat peran edukatif single parent dalam menumbuhkembangkan sikap percaya diri remaja di desa Lebo. Kegunaan penelitian ada dua, kegunaan teoritis yaitu penelitian diharapkan mampu memberikan konstribusi dalam menambah wawasan dan khazanah keilmuan mengenai dunia pendidikan, khususnya mengenai peran edukatif single parent dalam meningkatkan kepercayaan diri anak remaja, dan kegunaan praktis yaitu penelitian ini dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya peran edukatif single parent dalam meningkatkan sikap percaya diri anak remaja di desa Lebo Warungasem Batang.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan model data deskriptif.
18SK1821056.00 | SK PAI 18.056 NIS h | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain