SKRIPSI EKOS
Religiusitas dan Etika pada Perilaku Konsumsi Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2014 IAIN Pekalongan
ABSTRAK
Amril Mutho’i, Moh. 2017, Dengan judul “Religiusitas dan etika pada perilaku konsumsi mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2014 IAIN Pekalongan”, Pembimbing Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag.
Kata kunci: Religiusitas, Etika Perilaku konsumsi, dan Konsumsi Islam.
Manusia selalu melakukan kegiatan berkonsumsi, baik sandang pangan maupun papan, tetapi sebagai umat Islam tentunya tidak dibebaskan tanpa kendali dalam melakukan kegiatan ekonomi terutama dalam kegiatan berkonsumsi setiap harinya. Batasan-batasan tentang konsumsi menurut hukum Islam adalah ketika kebutuhan seseorang telah terpenuhi maka dianjurkan untuk dapat menahan keinginannya agar tidak menjadi berlebih-lebihan. Namun pada kenyataannya,saat ini sulit untuk menemukan seseorang yang berperilaku konsumsi mementingkan kebutuhan daripada keinginannya, termasuk perilaku konsumsi mahasiswa IAIN Pekalongan khususnya mahasiswa Ekonomi Syariah. Penulis memilih mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2014 sebagai objek penelitian, karena mahasiswa Ekonomi Syariah akan menjadi contoh masyarakat dalam berperilaku konsumsi yang sesuai ajaran Islam. Ekonomi Syariah adalah salah satu Jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan yang mempelajari etika konsumsi Islam, Maka perlu adanya penegasan lebih dalam pada diri mahasiswa dalam menyikapi kebutuhan dan keinginan, karena sering terlihat kurang adanya penegasan dalam diri mereka perihal untuk memilah-milah antara kebutuhan atau keinginannya segera terpenuhi atau tidaknya.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat religiusitas mahasiswa terhadap etika perilaku konsumsi dalam sehari-hari. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Kemudian metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Observasi, metode Wawancara, dan metode Dokumentasi. Untuk metode analisis data penulis menggunakan analisis data deskriptif yang dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu pengolahan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan yang lebih dikenal oleh masyarakat umum sebagai mahasiswa cendekiawan muslim, tetapi sikap dalam perilaku konsumsi belum mencerminkan seorang mahasiswa muslim. Banyak mahasiswa yang sholatnya tidak teratur dan tidak konsisten dalam beribadah, tidak ada konsistensi dalam beribadah berdampak pada sikap perilaku konsumsi mahasiswa yang tidak terartur dan tidak konsisten dalam mengkonsumsi suatu barang dalam sehari-harinya, sehingga mahasiswa tidak mempunyai prinsip terhadap perilaku konsumsi dalam mengkonsumsi suatu barang dan menjadikan perilaku konsumsi mahasiswa tidak sesuai dengan ajaran etika konsumsi Islam, berlebih-lebihan dan boros.
18SK1841014.00 | SK EKOS 18.014 MUT r | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain