SKRIPSI EKOS
Strategi Pengembangan Pasar Melalui Pembukaan Kantor Unit Usaha Baru dalam Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus pada KSPS KOPENA Kota Pekalongan Periode Tahun 2016/2017)
A B S T R A K
Nasokha. 2017. Strategi Pengembangan Pasar Melalui Pembukaan Kantor Unit Usaha Baru Dalam Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Pada KSPPS Kopena Kota Pekalongan Periode Tahun 2016/2017). Program Studi/Jurusan: Ekonomi Syariah/S1 Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Skripsi: Dr. Hj. Susminingsih, M.Ag.
Kata kunci : Strategi Pengembangan Pasar Melalui Pembukaan Kantor Unit
Pembukaan unit kantor cabang di daerah pemasaran yang baru diharapkan dapat menjadi sarana pencapaian tujuan pemasaran dan sekaligus mengantisipasi permintaan serta dapat mencari peluang-peluang yang baru secara efektif dari pada harus tetap bertahan dengan kantor-kantor yang sudah ada. Untuk mengembangkan jaringan dengan cara mendirikan sebuah unit-unit kantor cabang itu tidaklah mudah. Umumnya kantor cabang melakukan analisis sebelum melangkah untuk mendirikan unit-unit kantor cabang baru supaya di dalam mendirikan sebuah unit-unit kantor cabang itu bisa beroperasi dengan masyarakat dan bisa mencapai tujuan yang diinginkan oleh perbankan syari’ah untuk bisa memperluas jaringan pemasaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi pengembangan pasar melalui pembukaan kantor unit usaha baru dalam perspektif marketing syariah pada KSPPS Kopena Kota Pekalongan? Aspek apa saja yang menjadi pertimbangan pada strategi pengembangan pasar melalui pembukaan kantor unit usaha baru dalam perspektif marketing syariah pada KSPPS Kopena Kota Pekalongan?.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode analitik deskriptif.
Hasil penelitian adalah: Pertama, Strategi pengembangan pasar melalui pembukaan kantor unit usaha baru dalam perspektif marketing syariah pada KSPPS Kopena Kota Pekalongan, antara lain: strategi pemilihan lokasi, strategi kebutuhan nasabah, strategi persaingan kompetitor. Kedua, Aspek yang menjadi pertimbangan pada strategi pengembangan pasar melalui pembukaan kantor unit usaha baru dalam perspektif marketing syariah pada KSPPS Kopena Kota Pekalongan, antara lain: aspek pengembangan jumlah nasabah, aspek pengembangan asset, dan aspek pemasaran produk.
18SK1841002.00 | SK EKOS 18.002 NAS s | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain