SKRIPSI EKOS
Pengaruh Pengetahuan, Pelayanan dan Sistem Profit Sharing terhadap Minat Nasabah Simpanan Mudharabah Berjangka di KOSPINMU SURYA MENTARI Tahun 2015
ABSTRAK
Mustaqhfirin. 2017. Pengaruh pengetahuan, pelayanan dan sistem profit sharing terhadap minat nasabah simpanan mudharabah berjangka di kospinMU surya mentari tahun 2015. Skripsi ekonomi dan bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing: Mansur Chadi Mursid, MM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan, pelayanan, dan sistem profit sharing terhadap minat nasabah mudharabah berjangka di kospinmu surya mentari tahun 2015 baik secara parsial maupun simultan.
Jenis penelitian field research atau penelitian lapangan, sifat studi korelasi pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini 236 nasabah KospinMu Karanganyar. Sedangkan, menentukan sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel 70 responden yang diambil dengan teknik propability sampling. Teknik pengumpulan data kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsialserta F-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah, dengan perbandingan nilai thitung dan ttabel 2,882>0,235 dan nilai signifikansi 0,005≤0,005. Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dengan perbandingan nilai thitung dan ttable 2,981>0,235 dan nilai signifikansi 0,0040,235 dan nilai signifikansi 0,005≤0,005. Sedangkan Dari hasil uji F dapat diketahui bahwa variabel pengetahuan, pelayanan, dan sistem bagi hasil secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel minat nasabah dengan perbandingan nilai F hitung dan F tabel 11,901>2,74 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,005. Nilai R square sebesar 0,351. Nilai tersebut menunjukkan bahwa minat nasabh (Y) dapat dijelaskan oleh variabel pengetahuan (X1), pelayanan (X2), sistem proft sharing (X3), dan produk (X4) sebesar 35,1 %, sedangkan sisanya sebesar 64,9 % dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini.
Kata Kunci:Pengetahuan, Pelayanan dan Sistem profit sharing
18SK1841001.00 | SK EKOS 18.001 MUS p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain