SKRIPSI PAI
Konsep Pendidikan Pembebasan (Studi Perbandingan Antara Pemikiran Paulo Freire dan Abdurrahman Masud)
Pendidikan selama ini hanya berfungsi sebagai transfer pengetahuan yang akan memproduksi manusia-manusia pekerja dan jauh dari norma-norma social. Menanggapi hal tersebut, salah satu kritik yang muncul adalah bahwa pendidikan mengalami proses dehumanisasi yaitu kemunduran dengan terkikisnya nilai-nilai kemanusiaan yang dikandungnya. Maka, dalam hal ini dibutuhkan suatu konsep pendidikan yang mampu mengembalikan peran dan fungsi pendidikan yang semestinya. Paulo Freire dan Abdurrahman Masud merupakan tokoh pendidikan yang memiliki banyak karya dan gagasan yang sangat penting bila dijadikan suatu penelitian di tengah usaha mengembangkan dunia pendidikan kususnya pendidikan Islam.
Penelitian ini mencakup tiga rumusan masalah. Pertama, bagaimana konsep pendidikan pembebasan dalam pemikiran Paulo Freire dan Abdurrahman Masud. Kedua, bagaimana perbandingan konsep pendidikan pendidikan pembebasan dalam pemikiran Paulo Freire dan Abdurrahman Masud. Ketiga, bagaimana relevansi konsep pendidikan pembebasan dalam pemikiran Paulo Freire dan Abdurrahman Masud dengan pendidikan Islam.
Jenis penelitian ini adalah library research dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis dokumen, yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif analitik dan metode komparatif.
18SK1821044.00 | SK PAI 18.044 YAS k | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain