SKRIPSI PAI
Implementasi Active Learning Pada mata Pelajaran pendidikan Agama Islam Di SMP N 1 Belik Pemalang
Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru, tak terkecuali guru mata pelajaran pendidikan agama islam, pasti memerlukan suatu strategi pembelajaran yang dapat membuat siswa memahami materi pembelajaran yang disampaikan, serta dapat mencapai tujuan pembelajaran. Salah stu strategi pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar adalah strategi active learning. Active learning merupakan proses kegiatan belajar mengajar yang subjek didiknya terlibat secara intelektual dan emosional sehingga ia betul-betul berperan dan berpartisipasi aktif dalam melakukan kegiatan belajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi active learning pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 1 Belik Pemalang? Apa saja factor pendukung dan factor penghambat implementasi active learning pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 1 Belik Pemalang?.
Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Belik Pemalang. Pendekatan penelitian yang digunakan bersifat kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman.
18SK1821037.00 | SK PAI 18.037 SAR i | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain