SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Pembinaan Keagamaan Islam Di lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Banyuwangi Tahun 2016
Ada sebuah ungkapan bahwa mendidik anak rajin dan pintar adalah suatu hal yang mudah namun jika pendidikan diberikan kepada orang yang memiliki masalah dan enggan belajar maka merupakan sebuah tantangan yang sulit dilakukan dan membutuhkan kesabaran. Lembaga pemasyarakatan atau LAPAS adalah tempat dimana semua orang jahat harusnya berkumpul dan dibenahi supaya sadar dan tidak melakukan tindak pelanggaran lagi supaya dapat diterima kembali di dalam masyarakat dengan baik, hal ini tidak terlepas dari salah satu fungsi LAPAS yaitu, sebagai tempat pembinaan warga yang melanggar aturan hukum pidana, salah satu caranya adalah mengadakan pendidikan dan pembinaan di dalam LAPAS bagi narapidana, salah satu pendidikan yang dianggap perlu adalah Pendidikan Agama Islam bagi Narapidana Muslim. Karena diyakini dengan Pendidikan Agama Islam dapat memperbaiki akhlak para Narapidana muslim. Hal inilah yang menarik hati penulis untuk melakukan penelitian tentang bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di dalam LAPAS yang notabene memiliki anak didik yang sangat berbeda dengan anak didik di lembaga lain yaitu anak didik dari golongan para narapidana.
Penelitian ini mengangkat tema pelaksanaan pendidikan keagamaan islam di lembaga pemasyarakatan kelas II B Banyuwangi dengan dua rumusan masalah yaitu, bagaimana pelaksanaan pembinaan keagamaan islam di lembaga pemasyarakatan kelas II B Banyuwangi tahun 2016 serta bagaimana metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembinaan para narapidana.
Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan tergolong jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara mendalam, analisis dokumen. Jenis analisis data yang digunakan dalam menganalisa hasil dari penelitiannya menggunakan teknik induktif.
18SK1821029.00 | SK PAI 18.029 PRI p | My Library (Lantai 3, Literatur Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain