SKRIPSI PBA
Model Pembelajaran Bahasa Arab Di MTS Curug Tirto Pekalongan
Kata Kunci : Pembelajaran bahasa Arab, pendekatan, metode dan teknik.
Pembelajaran adalah kegiatan mengajar yang dilakukan secara maksimal oleh seorang guru agar anak didik yang ia ajari materi tertentu melakukan kegiatan belajar dengan baik. Dalam pembelajaran ada 3 komponen penting yang memiliki keterkaitan antara satu sama lain yaitu pendekatan, metode dan teknik. pendekatan, metode dan teknik memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing seorang pendidik harus pandai-pandai dalam memilihnya sehingga dalam pelaksanaannya tidak saling bertentangan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Model pembelajaran bahasa Arab di MIS Curug Tirto Pekalongan ? 2) Bagaimana Problematika pembelajaran bahasa Arab di MIS Curug Tirto Pekalongan ? 3) Bagaimana solusi problematika pembelajaran bahasa Arab di MIS Curug Tirto Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab di MIS Curug Tirto Pekalongan, untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa Arab yang ada di MIS Curug Tirto Pekalongan dan untuk mengetahui solusi problematika pembelajaran bahasa Arab di MIS Curug Tirto Pekalongan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi data dengan menggunakan pola berfikir induktif.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama : Model pembelajaran bahasa Arab di MIS Curug Tirto Pekalongan sudah berjalan cukup bagus, menggunakan beberapa pendekatan, metode dan juga teknik. Model pembelajaran bahasa Arab di MIS Curug yaitu menggunakan Pendekatan individual, kelompok, pembiasaan, dan Pendekatam emosional. Metode yang digunakan Metode Ceramah, latihan, Terjemah, membaca dan Metode Gramatika. Teknik yang digunakan teknik muthala’ah, mukhadatsah, Al-Qawaid, dan teknik dikte. Kedua : Problematika pembelajaran bahasa Arab di MIS Curug Tirto Pekalongan meliputi Problem yang berhubungan dengan pendekatan pembelajaran, Problem yang berhubungan dengan metode pembelajaran dan Problem yang berhubungan dengan teknik pembelajaran. Ketiga : Solusi problematika pembelajaran bahasa Arab di MIS Curug Tirto Pekalongan meliputi Solusi pada problematika pendekatan pembelajaran bahasa Arab, Solusi pada problematika metode pembelajaran bahasa Arab dan Solusi pada problematika teknik pembelajaran bahasa Arab.
17SK1722057.00 | SK PBA 17.057 FIT m | My Library (Skripsi Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain