SKRIPSI PAI
Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Nelayan (Studi Kasus Di SD Negeri Karangasem 08 Batang
A B S T R A K
Eliya Sri Aisah. 2015. Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Nelayan (Kasus di SD Negeri Karangasem 08 Batang). Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S1 PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Maskhur, M.Ag.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Nelayan
Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang dibutuhkan oleh anak untuk membentuk dan mengarahkan kepribadian yang baik dan benar. Pendidikan Agama Islam mencakup segala bidang kehidupan manusia di dunia dimana manusia mampu memanfaatkan sebagai tempat menanam benih amaliah diakhirat nanti, maka pembentukan sikap dan nilai amaliyah islamiyah dalam pribadi manusia baru dapat efektif bilamana dilakukan melalui proses pendidikan berdasarkan agama Islam. Letak SD Negeri Karangasem 08 Batang berada dekat dengan wilayah pesisir, hal inilah yang menyebabkan mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan, orang tua lebih mengutamakan mencari uang daripada mengasuh anaknya dengan baik. Bekerja melaut hingga berbulan bulan bahkan sampai bertahun tahun membuat anak terlepas dari pantauan dan bimbingan dari orang tua.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam bagi anak nelayan di SD Negeri Karangasem 08 Batang? Faktor apa saja yang mempengaruhi upaya guru PAI dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam bagi anak nelayan di SD Negeri Karangasem 08 Batang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam bagi anak nelayan di SD Negeri Karangasem 08 Batang, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi upaya guru PAI dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam bagi anak nelayan di SD Negeri Karangasem 08 Batang. Kegunaan penelitian secara teoritis adalah untuk memberikan gambaran tentang pola pendidikan agama Islam bagi anak nelayan. Sedangkan kegunaan penelitian secara praktis adalah untuk memberikan informasi kepada guru dan orang tua tentang pentingnya Pendidikan Agam Islam bagi anak di SD Negeri Karangasem 08 Batang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, upaya guru PAI dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam bagi anak nelayan di SD Negeri Karangasem 08 Batang, antara lain: menggiatkan ekstrakurikuler di sekolah, guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan ibadah, guru melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan siswa, mengundang ustadz dari luar daerah dalam acara PHBI guna memotivasi siswa untuk melakukan ibadah. Kedua, Faktor yang mempengaruhi upaya guru PAI dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam bagi anak nelayan di SD Negeri Karangasem 08 Batang, yaitu:
faktor sosial ekonomi orang tua, faktor pendidikan orang tua, faktor lingkungan, faktor motivasi orang tua, dan faktor jumlah anak.
17SK1721572.00 | SK PAI 17.572 AIS u | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain