SKRIPSI PAI
Integrasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) dalam Pembelajaran fiqh Kelas 3A Semester II Di MIS Warulor Wiradesa Pekalongan
Abstrak
Selfiana, Dian
Kata Kunci: Pendidikan , Life Skill, Pembelajaran dan Fiqih
Pendidikan yang pada hakikatnya adalah untuk memanusiakan manusia memiliki arti penting bagi kehidupan anak. Di Kalangan generasi muda zaman sekarang, pendidikan berbasis keagamaan tidak lagi menjadi orientasi utama, bahkan tidak jarang lagi dikesampingkan dalam dunia pendidikan kita.
Rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi adalah tentang kebijakan penerapan pendidikaan kecakapan hidup(life skill) di MIS Warulor, Pembelajaran fiqih kelas 3 A di MIS Warulor dan Integrasi pendidikan Kecakapan hidup(life skill) dalam pembelajaran Fiqih kelas 3 A di MIS Warulor.
Metode penelitian ini pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis pendidikan lapangan(field research) Menggunakan sumber data Primer dan Skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, interview, dokumentasi, dan teknis analisis induktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendidikan kecakapan hidup dalam pembelajaran mendapatkan dukungan dari kepala madrasah dan bagus digunakan dalam pembelajaran setiap mata pelajaran karena penyampaian materi bukan hanya dengan teori, peserta didik lebih cepat menerima materi dengan mempraktekan secara langsung atau nyata.
17SK1721570.00 | SK PAI 17.570 SIL i | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain