SKRIPSI PAI
Efektifitas Penggunaan Qira'ati Bagi Kemampuan Membaca al-Qur'an Anak didik TPQ "al-Muttaqin" Pekiringan Alit Kajen Pekalongan
ABSTRAK
Shobri. 2014. Efektifitas Penggunaan Qira’atii bagi Kemampuan Membaca Alquran Anak Didik TPQ “Al-Muttaqin” Pekiringan Alit Kajen Pekalongan. Skripsi Jurusan Tarbiyah/Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Pembimbing: Muthoin, M.Ag.
Kata Kunci: Penggunaan Qira’atii dan Kemampuan Membaca Alquran.
Pengunaan qira'atii dengan jilid-jilid yang disusun secara bertahap dengan tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan jenjang usia anak-anak yang ada di tingkat TPQ merupakan kelebihan dari sumber belajar tersebut. Diharapkan melalui penggunaan qira'atii ini akan membawa kemajuan bagi anak-anak didik untuk mampu membaca Alquran secara tepat dan benar. Pembelajaran membaca Alquran yang meliputi penggunaan ilmu tajwid sedini mungkin dapat dikenalkan kepada anak-anak didik di TPQ melalui sumber belajar qira'atii.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan qira'atii di TPQ ”Al-Muttaqin” Pekiringan Alit Kajen Pekalongan? (2) Bagaimanakah kemampuan membaca Alquran anak didik TPQ ”Al-Muttaqin” Pekiringan Alit Kajen Pekalongan?dan (3) Bagaimana efektifitas penggunaan qira'atii bagi kemampuan membaca Alquran anak didik TPQ ”Al-Muttaqin” Pekiringan Alit Kajen Pekalongan? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kegunaan qira'atii di TPQ ”Al-Muttaqin” Pekiringan Alit Kajen Pekalongan (2) Kemampuan membaca Alquran anak didik TPQ ”Al-Muttaqin” Pekiringan Alit Kajen Pekalongan, dan (3) Efektifitas penggunaan qira'atii terhadap kemampuan membaca Alquran anak didik TPQ ”Al-Muttaqin” Pekiringan Alit Kajen Pekalongan. Kegunaan penelitian ini diantaranya dapat dijadikan sebagai wacana kepada para pendidik dan pembaca mengenai pemanfaatan qira'atii sebagai sumber belajar dalam mengembangkan pembelajaran membaca Alquran
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan, di mana penelitian yang digunakan adalah kancah kehidupan yang sebenarnya. Sedangkan pendekatannya dengan kualitatif yaitu suatu pendekatan dalam penelitian yang menekankan analisisnya pada penarikan kesimpulan dengan pernyataan. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan melakukan analisis kesmpulan dari observasi dan wawancara.
Penggunaan qira'atii yang dilaksanakan di TPQ “Al-Muttaqin” Pekiringan Alit Kajen Pekalongan dalam bentuk klasikal maupun individual. Untuk mengawali pembelajarannya dilakulan secara bersama-sama dalam satu kelas kemudian dilanjutkan satu persatu dari anak didik atau santri mendemonstrasikan kemampuan membacanya dihadapan guru atau ustadz. Guru atau ustadz tersebut memperhatikan dengan seksama. Efektifitas itu ditunjukkan dari kegiatan pembelajaran Alquran dengan menggunakan qira’atii bagi anak-anak sebagai peserta didik untuk mampu membaca Alquran secara periodik, dari mulai pengenalan tulusan huruf Hijaiyah, cara membaca yang tepat dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
17SK1721567.00 | SK PAI 17.567 SHO e | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain