SKRIPSI PAI
Pola Asuh Orang Tua dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Di desa Pakembaran Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang
ABSTRAK
Khaeriyah, Nur Faizatul. (2021 111 111). 2015. Pola Asuh Orang Tua dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini di Desa Pakembaran Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang. Skripsi Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing Dr.M. Sugeng Sholehuddin,M.Ag.
Kata kunci: Pola Asuh, Kecerdasan Emosional, Anak Usia Dini.
Munculnya potensi anak memang bergantung pada rangsangan yang diberikan orang tua. Karena itu orang tua wajib menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anaknya sejak dini.Pengalaman-pengalaman yang terjadi masa ini cenderung bertahan dan mempengaruhi anak sepanjang hidupnya. Di desa Pakembaran orang tua tidak mengetahui permasalahan emosi anak sehingga stimulasi yang diberikan seringkali kurang tepat, pola asuh orang tua sangat dibutuhkan dalam rangka mengoptimalkan kecerdasan emosional anak di desa Pakembaran kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang, khususnya pada anak usia dini.
Dari latar belakang tersebut penulis merumuskan masalah:1).Bagaimana pola asuh orang tua dalam menumbuhkan kecerdasan emosional anak usia dini di desa Pakembaran kecamatan Warungpring kabupaten Pemalang?2).Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pola asuh orang tua dalam menumbuhkan kecerdasan emosional anak usia dini di desa Pakembaran kecamatan Warungpring kabupaten Pemalang?. Tujuan dari penelitian ini adalah:1).Untuk mengeksplorasi pola asuh orang tua dalam menumbuhkan kecerdasan emosional anak usia dini di desa Pakembaran.2).Untuk mengeksplorasi faktor pendukung dan penghambat pola asuh orang tua dalam menumbuhkan kecerdasan emosional anak usia dini di desa Pakembaran. Kegunaan penelitian ini secara akademis yaitu menambah wawasan ilmu mengenai kecerdasan emosional anak usia dini, sedangkan secara praktis sebagai bahan masukan bagi orang tua untuk menambah pengetahuan tentang pola asuh dalam menumbuhkan kecerdasan emosional anak usia dini.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, karena penelitian ini berorientasi kepada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan menggunakan model deskriptif, tahapannya meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang digunakan oleh orang tua di desa Pakembaran adalah terbagi menjadi tiga, yaitu pola asuh otoriter, dimana anak lebih dikendalikan oleh orang tua, yang kedua yaitu pola asuh demokratis, mereka dibebaskan namun masih ada kontrol dari orang tua yang tidak kaku, yang ketiga kombinasi pola pengasuhan antara demokratis dan otoriter, pola asuh demokratis pada saat anak sedang menceritakan pengalamannya, pola asuh otoriter diterapkan pada saat anak bergaul dengan teman sebaya, orang tua khawatir jika anak salah pergaulan. Faktor yang mempengaruhi diantaranya kondisi fisik dan psikis (emosi), pendidikan dan pengalaman yang baik, lingkungan yang baik, dan jumlah anak dalam keluarga.
17SK1721563.00 | SK PAI 17.563 KHA p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain