SKRIPSI PAI
Peranan Program Pembelajaran Individual dalam Upaya Mengembangkan Potensi Anak Berkebutuhan khusus Di SLB Negeri Batang
Abstrak
Kata Kunci: Program individual dan Anak Berkebutuhan Khusus.
Mendidik anak yang berlainan ataupun berkebutuhan khusus
Mendidik anak yang berkelainan ataupun berkebutuhan khusus tidak sama seperti mendidik anak normal, sebab selain memerlukan suatu pendekatan khusus juga memerlukan strategi khusus dalam mendidik anak berkelainan, diharapkan anak berkelainan dapat menerima kondisinya dapta bersosialisasi dengan baik dan memilik ketrampilan yang dibutuhkan seperti halnya dengan anak lainnya mempunyai potensi untuk dikembangkan. Untuk bisa memberikan layanan pendidikan yang relevan dengan kebutuhannya, pendidik perlu memahami sosok anak berkelainan, jenis dan karakteristiknya serta prinsip-prinsip layanan pendidikan anak berkelainan. Salah satu dari berbagai bentuk pelayanan pendidikan yang berusaha untuk memenuhi anak berkebutuhan khusus adalah program pembelajaran individual.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana program pembelajaran individual pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Batang dan bagaimana mengembangkan potensi anak berkebutuhan khusus di slb negeri batang dan bagaimana peranan program pembelajaran individual dalam mengembangkan potensi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program pembelajaran individual pada anak berkebutuhan khusus di slb Negeri Batang.
Jenis penelitian ini penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisisnya menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif dan model interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program pembelajaran indivisual berperan dalam upaya mengembangkan potensi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Batang. Dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus disusun program pembelajaran individual berdasarkan hasil asesmen yang telah dilakukan oleh guru atau pengasuh yang dalam pelaksanaanya guru harus memperhatikan kondisi dan kebutuhan dari anak berkelainan tersebut. Dengan mengembangkan situasi dan kondisi yang meberika kesempatan bagi anak untuk mengembangkan potensinya yang disertai dengan menumbuhkembangkan minat dan motivasi anak di lingkungan sekolah dengan adanya latiha dan bimbingan yang dilakukan oleh guru melalui kegiatan ekstrakurikuler dan jam tambahan.
17SK1721540.00 | SK PAI 17.540 ULF p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain