SKRIPSI PAI
Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur'an Hadits Peserta Didik Kelas V MI Salafiyah Wonoyoso 02 Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstrak
Disiplin adalah kontrol terhadap kelakuan baik oleh suatu kekuatan luar ataupun oleh individu sendiri. Sedangkan belajar adalah suatu proses usaha yang harus dilakukan seseoran untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Dalam suatu kegiatan belajar mengajar seorang pendidik seharusnya dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga menumbuhkan kegairahan belajar dan terbentuknya kedisiplinan dalam pendidikan, maka sangat diharapkan prestasi peserta didik dapat ditingkatkan. Kesisiplinan belajar peserta didik dapat terjadi secara optimal bila pihak sekolah dan para guru emlakukan perbaikan proses belajar mengajar yang menjadikan peserta ddiik itu memiliki tingkat yang sama.
Penelitian yang dilakukan dalam rangka penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan data yang diambil berasal dari objek penelitian baik csecara langsung maupun tidak langsung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode obserbasi, interview dan dokumentasi metoden angket, sedangkan metode analisa data menggunkan teknik analisis regresi.
Setelah penelitian ini dianalisis maka dapat diketahui hasilnya bahwa dari hasil angket yang penulis laksanakan, menunjukkan bahwa pelaksanaa kedisiplinan belajar di MI salafiyah Wonoyoso 02 Buaran pekalongan rata-rata 92,09 termasuk dalam kategori baik dan skor dominan diantara 94-98 sedangkan prestasi belajar Al-Quran Hadists peeserta didik kelas V menggunakan nilai rata 84,29 dan dalam kategori baik dan skor dominan 93-99. Kedisiplinan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar al quran hadist peserta didik maka akan semakin baik pula prestasi belajar yang dicapai oleh peserta didik.
17SK1721534.00 | SK PAI 17.534 HAN p | My Library (Lantai 3 Ruang Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain