SKRIPSI PAI
Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi belajar Peserta didik SDN Kedungmalang Wonotunggal Batang
Abstrak
Orang tua memiliki kewajiban membimbing anaknya hingga
mencapai arah kedewasan, baik dalam bentuk fisik maupun pemikiran
dengan harapan agar di masa yang akan datang anak mampu mandiri
dan tanpa bergantung pada orang lain, termasuk pada orang tua. Namun
sebagian besar orang tua bersikap keras dan menetapkan aturan yang harus ditaati oleh anak.
adapun yang tidak memberikan perhatian serta ada yang membimbing anaknya. ada beberapa
peserta didik sering terlambat masuk sekolah, membolos, tidak mengerjakan pekerjaan rumah
dan amlas membaca buku.
adapun penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kalitatif
dan jenis penelitian lapangan(field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah metode observasi, dokomentsi dua angket analsiis dengan metode analisis data
kuatitatif dengan mengguankan analisis product moment.
Hasil analisis adalah dengan menunjukan bahwa korelasi product moment dapat terlihat
adanya korelasi positif yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan motivasi
belajar peserta didik SDN kedungmalang. Hal ini dibuktikan melalui prosentase nilai angket
pola asuh dengan nilai 53 dalam kategori cukup dan motivasi belajar dengan nilai 53 termasuk
kategori cukup baik. Motivasi belajar peserta didik terdapat korelasi positif yang signifikan , sehingga
hipotesis yang penulis ajukan diterima.
17SK1721531.00 | SK PAI 17.531 AGU h | My Library (Lantai 3 Ruang Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain