SKRIPSI PAI
Hubungan Keaktifan Siswa Mengikuti Kegiatan Tadarus al-Qur'an dengan Hasil Belajar Qur'an Hadis Siswa MI Walisongo Pekajangan tahun 2014/2015
ABSTRAK
Puspa Dewi, Frissa. 2015. Hubungan Keaktifan Siswa Mengikuti Kegiatan Tadarus Al-Qur’an Dengan Hasil Belajar Qur’an Hadis Siswa MI Walisongo Pekajangan Tahun 2014/2015. Skripsi Jurusan Tarbiyah/Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Drs. H. Isma’il, M.Ag dan H. Agus Khumaidy, M. Ag.
Kata kunci: Keaktifan, Tadarus Al-Qur’an dan Hasil Belajar.
Keaktifan merupakan taraf atau tingkat individu dalam menjalankan suatu kegiatan atau pekerjaan (aktif). Sebuah terobosan yang luar biasa ketika program tadarus al-Qur’an bisa dijalankan di sekolah formal (SD/MI). Salah satu materi pelajaran yang di ajarkan di sekolah formal adalah Al-Qur’an Hadis yang menekankan pada kemampuan menulis dan membaca al-Qur’an. Dengan adanya kegiatan tadarus al-Qur’an ini diharapkan agar hasil belajar al-Qur’an Hadis siswa MI Walisongo Pekajangan dapat ditingkatkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana keaktifan siswa mengikuti kegiatan tadarus al-Qur’an, Bagaimana Hasil belajar Qur’an Hadis siswa MI Walisongo Pekajangan, dan adakah hubungan keaktifan siswa mengikuti kegiatan tadarus al-Qur’an dengan hasil belajar Qur’an hadis MI Walisongo Pekajangan. Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang tadarus al-Qur’an agar siswa semakin aktif sengikuti kegiatan tadarus al-Qur’an. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan ada dan tidaknya hubungan antara keaktifan siswa mengikuti terhadap kegiatan tadarus al-Qur’an dengan hasil belajar Qur’an Hadis siswa MI Walisongo Pekajangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research yang difokuskan pada studi kasus dan terdapat dua variabel. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengisian angket, observasi, wawancara, arsip dokumen, dan dokumentasi.. Metode analisis data yang penulis gunakan adalah teknik analisis product moment.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan ada hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa mengikuti kegiatan tadarus al-Qur’an dengan hasil belajar Qur’an Hadis siswa MI Walisongo Pekajangan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rxy = 0,439 dan setelah dikonsultasikan dengan r pada taraf signifikan 5% diperoleh rt = 0,324, diketahui rxy = 0,439 ≥ rt = 0,324 dan pada taraf signifikasi 1% di peroleh rt = 0,418, , diketahui rxy = 0,439 ≥ rt = 0,418. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa mengikuti kegiatan tadarus al-Qur’an dengan hasil belajar Qur’an Hadis siswa MI Walisongo Pekajangan. Semakin aktif siswa mengikuti kegiatan tadarus al-Qur’an maka semakin baik pula hasil belajar Qur’an hadis siswa MI Walisongo Pekajangan.
17SK1721526.00 | SK PAI 17.526 DEW h | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain