SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Kemampuan Membilang 1 sampai 10 Anak Didik Kelompok A TK Muslimat NU Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014 Melalui Metode Index Card Match
ABSTRAK
NUR FADLILAH 2021210199, upaya meningkatkan kemampuan membilang 1 sampai 10 anak didik kelompok A TK Muslimat NU Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014 melalui metode Index Card Match. Skripsi jurusan tarbiyah sekolah tinggi agama islam negeri (STAIN) Pekalongan. Maskhur, M.Ag.
Kata kunci : Kemampuan membilang, metode Index Card Match
Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Maka dalam hal ini pendidik melakukan giatan mengenal angka untuk mengembangkan kognitif anak agar anak dapat berlatih membilang atau menghitung angka secara urut dan benar, memiliki kemampuan untuk memahami angka dan konsep logika yang bagus dan berguna untuk perkembangan selanjutnya.
Dalam penelitian ini rumusan maslah yang diajukan adalah apakah metode Index card Match dapat meningkatkan kemampuan membilang 1 sampai 10 anak didik kelompok A TK Muslimat NU Karanganyar Tahun pelajaran 2013/2014. Tujuannya adalah dengan penggunaan metode Index Card Match diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membilang anak. Kegunaan penilitan adalah untuk menambah wawasan dan dapat menerapkan pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan membilang anak.
Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu suatu penelitian yang dilakukan di kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tknik pengumpulan datanya dengan observasi wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu dengan cara mendeskripsikan dan meninterpretasikan pelaksanaan kegiatan mencocokan kartu indeks dalam meningkatkan kemampuan membilang anak di dalam kelas.
Hasil penelitian dalam pelaksanaan kegiatan pada prasiklus indikator siswa atau anak yang mampu membilang 1 sampai 10 yaitu dari 23 anak ada 15 anak, disiklus 1 meningkat 17 anak dan pada siklus II mencapai 21 anak. Dan untuk indikator mampu mengurutkan benda sesuai angka pada prasiklus ada 17 anak, pada siklus I ada 19 dan pada siklus II 20 anak. Untuk indikator mampu mencontoh angka pada prasiklus ada 14 anak, pada siklus 1 ada 16 anak, pada siklus II ada 20 anak. Hal ini menunjukkan bahwa pada setiap pelaksanaan tindakan perbaikan dapat mencapai hasil yang terus meningkat dan mampu mencapai hasil yang optimal.
17SK1721523.00 | SK PAI 17.523 FAD u | My Library (Lantai 3 Ruang Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain