SKRIPSI PAI
Strategi Pembelajaran Al Quran Hadits Kelas 5 di MI Islamiyah Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan
Al-Qur’an Hadits merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah dan menjadi salah satu mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN), selain itu al-Qur’an dan Hadits merupakan sebagai pandangan hidup bagi setiap muslim dan sekaligus juga merupakan sumber hukum Islam. Oleh karena itu, maka keduanya harus dimengerti dan sekaligus diamalkan. Salah satu caranya untuk mengerti dan memahami keduanya adalah dengan melalui pendidikan dan pengajaran. Sehingga dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat dalam penyampaian materi pelajaran agar peserta didik MI yang berlatarbelakang berbeda (kecerdasan, motivasi belajar, dan psikologi) dapat menerima dan memahami inti dan tujuan pembelajaran al-Qur’an Hadits dengan maksimal.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya yaitu bagaimana strategi pembelajaran al-Qur’an Hadits di MI Islamiyah Wiroditan? Bagaimana penerapan strategi pembelajaran al-Qur’an Hadits di MI Islamiyah Wiroditan? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran al-Qur’an Hadits di MI Islamiyah Wiroditan?. Tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajarannya dan penerapannya, serta faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran al-Qur’an Hadits kelas 5 di MI Islamiyah Wiroditan. Kegunaan secara teoritis dapat menambah dan memperkarya khazanah keilmuan khususnya tentang strategi pembelajaran. Bagi guru, dapat memberikan masukan mengenai kekurangan dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits. Bagi orang tua dapat menjadi masukan bahwa salah satu wujud keberhasilan dari tujuan pengajaran mata pelajaran al-Qur’an Hadits dipengaruhi oleh banyak faktor dan salah satunya adalah faktor dari dalam diri siswa yang dapat berupa minat belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data yang diperlukan digali dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun metode analisis datanya melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan (verivikasi) data.
Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi pembelajaran al-Qur’an Hadits di MI Islamiyah Wiroditan sangat bervariasi dan juga dilakukan dengan langkah-langkah yaitu menentukan tujuan pembelajaran, memilih sistem pendekatan pembelajaran, menentukan prosedur metode dan teknik pembelajaran, dan melakukan evaluasi. (2) Dalam penerapan strategi pembelajaran al-Qur’an Hadits dipadukan beberapa metode pembelajaran yang satu dengan strategi pembelajaran yang lain. (3) Faktor yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran al-Qur’an Hadits kelas 5 di MI Islamiyah Wiroditan adalah guru, sarana prasarana, siswa, materi, lingkungan, dan waktu yang tersedia.
17SK1721520.00 | SK PAI 17.520 FAZ s | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain