SKRIPSI PAI
Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III dan IV Pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri Terban Kecamatan Warungasem Batang
Pemilihan metode pengajaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Seorang guru perlu menggunakan metode dalam menyampaikan pelajaran agar menarik, menyenangkan, mudah dipahami dan dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Salah satu metode yang digunakan adalah metode demonstrasi. Melalui metode demonstrasi materi yang disampaikan dengan praktik secara langsung membantu siswa dalam memahami suatu proses secara cermat dan teliti. Penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran dapat menarik perhatian siswa dalam belajar sehingga dalam diri siswa tumbuh motivasi yang tinggi untuk belajar sehingga dapat berdampak pada keberhasilan belajar siswa.
Adapun rumusan masalah adalah bagaimana penggunaan metode demonstrasi di SD Negeri Terban Kecamatan Warungasem Batang?, bagaimana motivasi belajar peserta didik kelas III dan IV pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri Terban Kecamatan Warungasem Batang?, dan bagaimana pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar peserta didik Kelas III dan IV pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri Terban Kecamatan Warungasem Batang? adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi di SD Negeri Terban Kecamatan Warungasem Batang, untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas III dan IV pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri Terban Kecamatan Warungasem Batang, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar peserta didik Kelas III dan IV pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri Terban Kecamatan Warungasem Batang.
Penelitian yang dilakukan dalam penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach) karena penelitiannya dilakukan di kancah yaitu di SD Negeri Terban kecamatan Warungasem Batang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode interview, metode angket dan metode dokumentasi, sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam menganalisa data yang diperoleh adalah menggunakan teknik analisis rumus “regresi”
Hasil analisis dari penelitian bahwa penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Terban Kecamatan Warungasem Batang termasuk dalam ketegori sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket tentang penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Terban Kecamatan Warungasem Batang yang memiliki nilai rata-rata 74,54. Nilai tersebut berada dalam interval 66 – 80 yang masuk dalam kategori kualifikasi sangat baik. Tingkat motivasi belajar peserta didik kelas III dan IV pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri Terban Kecamatan Warungasem Batang termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini terbukti dengan hasil angket yang memiliki nilai rat-rata 74,891. Nilai tersebut berada dalam interval 66 – 80, yang masuk dalam kategori sangat baik.
viii
Sedangkan hasil perhitungan dengan teknik korelasi regresi diperoleh ttest = 2,761, hasil tersebut menunjukkan bahwa ttest lebih besar dari rt (rxy > rt) baik pada taraf signifikan 5% (2,021) maupun 1% (2,704) yang berarti bahwa penggunaan metode demonstrasi berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III dan VI pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Terban Kecamatan Warungasem Batang. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan diterima.
17SK1721519.00 | SK PAI 17.519 ASR p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain