SKRIPSI PAI
Konsep Pemberian Hadiah (Reward) dan Hukuman (Punishment) dalam Teori Belajar Behavioristik dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam
Pendidikan merupakan lingkungan yang menjadi tempat terlibatnya individu yang saling berinteraksi sehingga terjadi proses pembelajaran. Salah satu yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran ialah penggunaan metode yang diterapkan oleh guru maupun orang tua dalam mendidik. Metode bermakna cara atau jalan yang dilalui untuk mencapai tujuan pendidikan. Metode yang bisa digunakan ialah metode hadiah (reward) dan hukuman (punishment). Menurut teori belajar behavioristik, hadiah dan hukuman dapat digunakan untuk memperkuat perilaku positif dan melemahkan perilaku negatif. Penggunaan metode ini harus diimbangi dengan pemahaman guru atau orang tua tentang hakikat dan konsep penggunaannya. Akan tetapi dalam praktik pendidikan masih dijumpai beberapa guru yang kurang memahami konsep penggunaan metode ini. Pemahaman dan pengetahuan pendidik tentang konsep pemberian hadiah dan hukuman dirasa masih sangat rendah. Untuk menambah pengetahuan maka perlu dilakukan upaya berupa kajian yang lebih mendalam mengenai metode pemberian hadiah (reward) dan hukuman (punishment) dalam perspektif teori belajar behavioristik dengan teori stimulus dan responnya serta bagaimana relevansi konsep tersebut dengan pendidikan Islam. Sehingga dapat diketahui kesesuaian antara konsep yang ditawarkan oleh ilmuwan barat dengan pendidikan Islam.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis mengajukan tiga rumusan masalah antara lain: (1) Bagaimana konsep pemberian hadiah (reward) dan hukuman(punishment) dalam teori belajar behavioristik? (2) bagaimana konsep pemberian hadiah (reward) dan hukuman (punishment) dalam pendidikan Islam? (3) bagaimana relevansi antara konsep pemberian hadiah (reward) dan hukuman (punishment) dalam teori belajar behavioristik dengan pendidikan Islam?. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami konsep pemberian hadiah (reward) dan hukuman (punishment) dalam teori belajar behavioristik dan pendidikan Islam, serta relevansi diantara keduanya. Adapun manfaat penelitian ini untuk menambah dan memperluas wawasan keilmuan, khususnya dalam hal metode pemberian hadiah(reward) dan hukuman (punishment).
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif karena dasar yang dihasilkan adalah data deskriptif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah library research (penelitian pustaka) yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur yang diteliti.
xii
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa teori belajar behavioristik merupakan teori yang memfokuskan penelitiannya terhadap perilaku yang yang dapat diamati. Perilaku tersebut dapat dimodifikasi dengan konsekuensi yang dapat memperkuat perilaku (penguat/hadiah) dan memperlemah perilaku (hukuman). Hadiah merupakan konsekuensi yang dapat menguatkan perilaku sehingga kemungkinan perilaku tersebut dapat terulang kembali. Hal ini sejalan dengan konsep yang dikemukakan dalam pendidikan Islam bahwa hadiah (reward) adalah pemberian sesuatu yang baik terhadap perilaku baik dari anak didik. Dalam pendidikan Islam lebih dikenal dengan istilah ganjaran (tsawab).
Adapun definisi hukuman dalam perspektif teori behavioristik adalah konsekuensi yang dapat melemahkan perilaku sehingga kemungkinan perilaku tersebut tidak terulang dan hilang. Hukuman dalam pendidikan Islam dikenal dengan ‘iqab yaitu pemberian sesuatu yang kurang menyenangkan sebagai akibat dari perilaku tidak baik. Para ahli pendidikan Islam juga memunculkan istilah targhib dan tarhib yang maknanya selaras dengan hadiah dan hukuman. Dari perspektif teori behavioristik maupun pendidikan Islam terdapat kesesuaian dan relevansi konsep yang dikemukakan. Relevansinya terletak pada tujuan yang sama yaitu hadiah dan hukuman sebagai metode dan instrumen dalam pendidikan akhlak, rekonstruksi perilaku, internalisasi nilai, dan sebagai motivasi siswa.
17SK1721517.00 | SK PAI 17.517 LIS k | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain