SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Siswa di MA Salafiyah Syafiiyah Proto Kedungwuni Pekalongan
Pendidikan agama merupakan bimbingan dan latihan untuk membiasakan anak bersifat dan bertingkah laku baik dengan cara memberi teladan yang baik. Pada umumnya, siswa merasa puas terhadap nilai yang tinggi walaupun tidak dibarengi dengan pengamalan sehari-hari. Dewasa ini di lingkungan sekolah ada berbagai kenakalan remaja seperti membolos, merokok, baju dikeluarkan, dan masih banyak lagi.. MASS Proto Kedungwuni Pekalongan tidak luput dari kenakalan-kenakalan tersebut untuk itu pihak sekolah berupaya membentuk akhlak siswa menjadi lebih baik.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran mata pelajaran PAI dalam membentuk akhlak siswa di MASS proto kedungwuni pekalongan? apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran mata pelajaran PAI dalam membentuk akhlak siswa di MASS proto kedungwuni pekalongan? Dan bagaimana pencapaian keberhasilan pendidikan agama islam yang dicapai?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu di MASS Proto kedungwuni Pekalongan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu penulis berusaha menggambarkan fenomena yang terjadi pada permasalahan yang diteliti. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Analisis Data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. menggunakan pola berpikir deduktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam membentuk akhlak siswa dengan dua cara yaitu dari dalam kelas dan dari luar kelas. Keemudian untuk nilai akademik siswa-siswi MASS Proto termasuk pada kategori baik dan memiliki tingkah laku yang baik pula. Sedangkan untuk faktor pendukung pembentukan akhlak di MASS Proto adalah adanya kerjasama yang baik seluruh warga sekolah serta adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan wali murid. Dan faktor penghambatnya adalah terdiri dari faktor lingkungan, faktor keluarga dan faktor perkembangan IPTEK.
17SK1721514.00 | SK PAI 17.514 SET i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain