SKRIPSI PAI
Pengaruh Kreatifitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Agama Pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits di Madrasah Aliyah Negeri (MAN Batang)
Beberapa masalah penting yang harus diperhatikan dalam proses belajar mengajar adalah diantaranya kreativitas guru dan motivasi belajar siswa. Melihat realita yang terjadi sekarang bahwa tidak jarang siswa malas mengikuti pelajaran di kelas disebabkan salah satunya adalah faktor kreativitas guru yang rendah sehingga siswa menjadi tidak tertarik untuk belajar. Dengan demikian, harapan guru agar hasil belajar siswa memuaskan dan maksimal tidak tercapai dengan baik. Guru yang kreativitasnya tinggi maka akan dapat memotivasi siswa untuk belajar sehingga hasil belajar siswa menjadi baik.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran al-qur’an hadits pada siswa kelas x jurusan agama di MAN Batang?. (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas x jurusan agama pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MAN Batang?. (3) Bagaimana hasil belajar siswa kelas x jurusan agama pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MAN Batang?. (4) bagaimana pengaruh kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas x jurusan agama pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MAN Batang?.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan lokasi yang di teliti adalah Madrasah Aliyah Negeri Batang, Desa Karangasem Selatan, Batang. Variabel dalam penelitian ini adalah kreativitas guru (x1), motivasi belajar siswa (x2) dan hasil belajar siswa (y). Sampel penelitian sebanyak 27 responden di kelas X Jurusan Agama. Metode dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier ganda untuk mengetahui korelasi dan pengaruh dari masing-masing variabel.
Hasil dari penelitian ini adalah secara simultan kreativitas guru dan motivasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dapat diketahui dari taraf signifikasi 0.05 dk pembilang 2 dan dk penyebut 24 nilai F hitung sebesar 11,083 lebih besar dari pada F table 5% yaitu 3,403. Adapun sumbangan kontribusi variable kreativitas guru dan motivasi belajar siswa terhadap nilai hasil belajar siswa sebesar 52,36% sedangkan sisanya sebesar 47,64% dipengaruhi oleh varian lain (unexplained factors) di luar model penelitian yang tidak termasuk dalam batasan penelitian ini.
17SK1721510.00 | SK PAI 17.510 CHO p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain