SKRIPSI PAI
Penerapan Maharatul Kalam Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Ulul Albab Kota Pekalongan
Banyak siswa yang mengeluh dalam mempelajari bahasa Arab. Mereka beranggapan bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sulit, bahkan memandangnya sebagai momok. Hal demikian menjadi tantangan dalam dunia pendidikan Indonesia, khususnya sekolah-sekolah agama, STAIN atau perguruan tinggi lainnya, dimana selama enam hingga sepuluh tahun belajar bahasa Arab ternyata tidak bisa juga. Sekolah yang dijadikan penelitian ini yaitu SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) Ulul Albab kota Pekalongan. Sekolah ini berada di jalan Manunggal Kraton, kota Pekalongan. Sekolah ini menggunakan perpaduan dua kurikulum, yaitu kurikulum yang berasal dari dinas dan kurikulum dari JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) yang tersebar di seluruh Indonesia. Kurikulum dari JSIT ini lebih menekankan kepada pelajaran agama dan tambahan bahasa asing yaitu bahasa Arab.
Sesuai dengan judul penelitian diatas, maka permasalahan yang dirumuskan adalah sebagai berikut: bagaimana penerapan maha>ratul kala>m dalam pembelajaran bahasa Arab di SDIT Ulul Albab kota Pekalongan? Dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam penerapan maha>ratul kala>m dalam pembelajaran bahasa Arab di SDIT Ulul Albab kota Pekalongan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Arab di SDIT berjalan dengan cukup lancar. Sedangkan untuk menerapkan maha>ratul kala>m belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh waktu pertemuan pembelajaran bahasa Arab semakin berkurang dari 3 jam pelajaran menjadi 2 jam pelajaran. Sehingga kesempatan untuk maha>ratul kala>m menjadi berkurang. Bentuk penerapan maha>ratul kala>m di SDIT Ulul Albab berbentuk hiwar (percakapan). Sedangkan faktor yang mendukung dari luar adalah maha>ratul kala>m kepala sekolah, para guru, motivasi/dukungan dari guru bahasa Arab, dan dukungan penuh dari keluarga, semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan faktor yang menghambat dari luar beban mata pelajaran yang banyak dan waktunya yang semakin berkurang dalam pembelajaran bahasa Arab.
17SK1721508.00 | SK PAI 17.508 WID p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain