SKRIPSI PAI
Pengaruh Pembelajaran BTQ Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi di Kelas VII A SMP N 3 Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016)
Pendidikan Agama Islam adalah usaha yang sistematis dan pragmatis yang
berupa bimbingan jasmani dan rohani demi terwujudnya pribadi yang utama yang
mempunyai pandangan hidup demi keselamatan dunia dan kesejahteraan akhirat
berdasarkan ajaran dan syari’at Islam. Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk bagi
umat manusia sebagai bekal hidup didunia.
Al-Qur’an merupakan kitab yang harus dipelajari bagi setiap umat muslim
didunia khususnya para kalangan muda. Pemuda sebagai penerus generasi berikutnya
bertanggung jawab penuh dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai moral bangsa,
khususnya bangsa Indonesia.
Dalam penelitian ini, penulis memaparkan 3 permasalahan antara lain:
Bagaimana pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an yang dilaksanakan di SMP N 3
Ulujami, bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Ulujami dan
bagaimana pengaruh pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an terhadap prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Ulujami. Tujuan
penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, untuk
mengetahui prestasi belajar Pendidikan agama Islam di SMP N 3 Ulujami dan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an terhadap
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 3
Ulujami. Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah untuk memberikan sumbangan
yang berupa bahan sumbangan dalam usaha meningkatkan kegiatan belajar mengajar dan
untuk tambahan bahan pustaka.
Adapun metode penelitian ini memerlukan beberapa hal yaitu desain
penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, variabel dalam skripsi ini ada 2
yaitu pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam. Metode penelitian ini juga memerlukan populasi penelitian dengan
sampel penelitian sebagian siswa SMP N 3 Ulujami yang berjumlah 40 siswa, tepatnya
yaitu kelas VIIA. Kemudian sumber data yang terdiri dari sumber data primer dan
sumber data sekunder. Di samping itu penulis juga menggunakan metode
pengumpulan data yang terdiri dari metode observasi, metode interview dan metode
dokumentasi. Kemudian mengolah data yang telah di dapat dengan menggunakan rumus
product moment dan regresi linier sehingga dapat diketahui hasil yang akurat dari
penelitian ini.
Dari hasil penelitian secara analisis bahwa pembelajaran baca tulis Al-
Qur’an di SMP N 3 Ulujami tahun pelajaran 2015-2016 memiliki hasil yang baik. Hal
ini dibuktikan dengan presentasi hasil angket siswa jumlah nilai hasil belajar
pembelajaran BTQ rata-rata mencapai angka 80 termasuk dalam kategori “Baik”.
ix
Sedangkan untuk prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas VIIA
SMP N 3 Ulujami dikategorikan baik, karena j uml ah rat a -rata nil ai adal ah 8 0
dan ji ka dalam raport term as uk dal am kat egori “Baik” .
Dari penghitungan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel
independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Berdasarkan
hipotesis yang diajukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang
signifikan antara variabel X (pembelajaran BTQ) dengan variabel Y (hasil belajar PAI).
Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.
17SK1721507.00 | SK PAI 17.507 KUR p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain