SKRIPSI PAI
Korelasi Antara Lingkungan Belajar dengan Minat Belajar Siswa di MA Maarif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan
Di MA Ma’arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan termasuk sekolahan yang letaknya cukup starategis. Namun pada kenyataanya, di MA Ma’arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalogan dekat atau tidak jauh dengan pabrik batu serta kurangnya tanaman di halaman sekolah. Kemudian kurangnya sarana dan prasarana sekolah, minimnya fasilitas dan juga terbatasnya ruang kelas. Hal tersebut mengakibatkan kuranganya konsentrasi belajar siswa.
Rumusan masalah yang penuli ssusun adalah Bagaimana lingkungan belajar di MA Ma’arif Walisongo Pakis Putih Keungwuni Pekalongan? Bagaimana minat belajar siswa di MA Ma’arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan? Bagaimana korelasi antara lingkungan belajar dengan minat belajar siswa di MA Ma’arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lingkungan belajar di MA Ma’arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan. Untuk mengetahui minat belajar siswa di MA Ma’arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan. Untuk mengetahui korelasi antara lingkungan belajar dengan minat belajar siswa di MA Ma’arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan secara teori dan dapat menambah khazanah dunia ilmu pengetahuan, khususnya bagi dunia Pendidikan.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian survey, dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan guna memperoleh data Variabel X dan Variabel Y adalah menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil analisis terhadap lingkungan belajar di MA Ma’arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan kategori Baik, dengan nilai yang paling dominan 55-56 dengan prosentase 47%, dengan nilai rata-rata jawaban siswa adalah 55. Dan dari hasil analisis terhadap minat belajar siswa di MA Ma’arif Walisongo Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan kategori Baik, dengan nilai yang paling dominan 57-58 dengan prosentase 43%, dengan nilai rata-rata jawaban siswa adalah 57. Kemudian analisis tersebut diuji dengan rumus Product Moment dengan jumlah responden (N) sebesar 47 siswa. Pada taraf signifikan 1 % telah diketahui rh = 0.697,sedangkan rt = 0.372 sehingga rh> rt atau (0.697>0.372). Pada taraf 5 % diketahui rh = 0.697, sedangkan rt = 0.288 sehingga rh> rt atau (0.697> 0.288). Dari hasil perhitungan, baik pada taraf 1% maupun5% ternyata rh (r hitung)lebih besar dari pada rt(r tabel), maka hasilnya dapat diterima.
17SK1721506.00 | SK PAI 17.506 NIS k | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain