SKRIPSI PAI
Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Pembelajaran Guru PAI di MIS Simbang Kulon 02 Kec. Buaran Kab. Pekalongan Tahun 2010/2011
Tugas guru yang utama adalah mendidik (mengajar). Agar tugas tersebut mencapai tujuan pendidikan, guru harus melibatkan diri dalam masalah manajemen pembelajaran. Dalam hal ini guru berfungsi sebagai manajer, yang mempunyai kemampuan dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Untuk itu Kepala Sekolah sebagai pemimpin di Sekolah melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanajemen pembelajaran.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan manajemen pembelajaran guru PAI di MIS Simbang Kulon 02 ?, Faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat Kepala Sekolah dalam meningkatkan manajemen pembelajaran guru PAI di MIS Simbang Kulon 02 ?, Bagaimana hasil yang telah dicapai dari upaya Kepala Sekolah di MIS Simbang Kulon 02 Kec. Buaran Kab. Pekalongan dalam meningkatkan manajemen pembelajaran guru PAI ?. Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan jawaban dari rumusan masalah. Kegunaan penelitian secara akademis : menambah wawasan, pemikiran dan pengetahuan baru tentang upaya yang dilakukan dalam meningkatkan manajemen pembelajaran guru PAI bagi pembaca. Secara praktis : dapat dijadikan salah satu solusi dari problem dunia pendidikan terutama dalam meningkatkan manajemen pembelajaran guru agama Islam di masa sekarang ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif ini menekankan metode analisis sintetis, dan jenis penelitian yang digunakan penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif.
Hasil penelitian tentang upaya Kepala Sekolah yaitu dengan mengadakan pelatihan, pembinaan (supervisi), mengikut sertakan guru dalam KKG, bedah SKL, dan menghimbau guru memanfaatkan perpustakaan. Faktor yang mendukung upaya Kepala Sekolah yaitu : adanya semangat guru untuk membuat administrasi dan mengikuti pelatihan, memiliki tenaga pendidik yang kompeten. Penghambatnya : Kemampuan intelektual dan penguasaan IT masih rendah serta kurangnya disiplin guru dalam mengikuti KKG. Upaya yang telah dicapai: setelah pelatihan ketrampilan guru menyusun perangkat pembelajaran meningkat, guru mulai mengikuti pendidikan keguruan, beberapa guru menjadi koordinator mata pelajaran dalam KKG, guru memanfaatkan perpustakaan pada jam kosong.
17SK1721500.00 | SK PAI 17.500 RIZ u | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain