SKRIPSI PAI
Korelasi Evaluasi Belajar Harian Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan
Terkait dengan pembelajaran PAI dengan luasnya materi yang harus dikuasai oleh siswa dan juga keterbatasan waktu tatap muka dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas, maka perlu dilakukan cara pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan dan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar tersebut didapat dengan adanya evaluasi yang dilakukan guru terhadap siswa. Evaluasi belajar dilakukan selama proses pelaksanaan pembelajaran. Sebagaimana diketahui bahwa dengan adanya evaluasi belajar harian maka peserta didik akan semangat dan rajin belajar sehingga dapat meningkatkan prestasinya.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana evaluasi belajar harian PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan?, bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan?, bagaimana korelasi evaluasi belajar harian terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi belajar harian PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan, untuk mengetahui prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan, untuk mengetahui korelasi evaluasi belajar harian terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan. Kegunaan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran, sebagai alat diagnosa kesulitan belajar para siswa sehingga dapat ditemukan penyebab kegagalan siswa dalam menguasai tujuan pengajaran, sehingga hasil diagnosa dapat dijadikan bahan dalam memberikan bantuan dan bimbingan belajar kepada para siswa serta menjadi bahan masukan yang obyektif dalam meningkatkan prestasi siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datanya menggunakan rumus korelasi product moment dan Aplikasi SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, hasil evaluasi belajar harian PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan termasuk kategori baik. Kedua, hasil prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan termasuk dalam kategori baik. Ketiga, ada korelasi yang signifikan antara evaluasi belajar harian terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan diperoleh nilai rxy 0,759. Dalam
viii
pedoman interpretasi nilai r terletak pada interval 0,71 Bahwa antara variabel yang dikorelasikan terdapat korelasi yang kuat. Peneliti menguji hasil penelitian pada taraf kesalahan 5% sebesar 0,235, berarti rxy > rt. Sedangkan pada tingkat kesalahan 1% sebesar 0,306, maka rxy > rt, maka ho ditolak dan ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pada tingkat kesalahan 5% dan 1%interpretasi sama, bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara evaluasi belajar harian terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Tirto Pekalongan. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan diterima.
17SK1721492.00 | SK PAI 17.492 MUT k | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain