SKRIPSI PAI
Pengaruh Pembiasaan Tadarus Al Quran Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII di SMPN 13 Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016
Disiplin diperlukan oleh siapapun dan di manapun. Hal itu disebabkan di manapun seseorang berada di sana selalu ada disiplin. Demikian pula di sekolah, ada peraturan dan tata tertib yang melatih, mendidik, dan mengatur kehidupan siswa. Disiplin akan mendorong, memotivasi dan memaksa siswa bersaing meraih prestasi. Oleh karena itu, disiplin perlu dikembangkan dan diterapkan di sekolah khususnya dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Cara untuk mencapai kedisiplinan belajar, seorang siswa harus membiasakan menjalankan peraturan-peraturan yang ada. Dengan pembiasaan tersebut maka siswa tidak akan merasa terbebani dengan peraturan yang telah ada. Disinilah pentingnya kegiatan keagamaan, dalam hal ini tadarus Al-Qur’an dapat menumbuhkan kebiasaan menaati peraturan, sehingga siswa akan senantiasa menerapkan kedisiplinannya di dalam segala hal, termasuk kedisiplinan dalam belajar. Seperti yang terjadi pada SMPN 13 Pekalongan, meskipun sekolah tersebut berlatar belakang sekolah negeri, tetapi di sekolah tersebut sudah menerapkan kegiatan keagamaan seperti halnya sekolah-sekolah yang berlatar belakang Islam.
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembiasaan tadarus Al-Qur’an siswa kelas VIII di SMPN 13 Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016?, bagaimana kedisiplinan siswa kelas VIII di SMPN 13 Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016? serta bagaimana pengaruh pembiasaan tadarus Al-Qur’an terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII di SMPN 13 Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembiasaan tadarus Al-Qur’an siswa kelas VIII di SMPN 13 Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016, untuk mengetahui kedisiplinan siswa kelas VIII di SMPN 13 Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016, serta untuk mengetahui pengaruh pembiasaan tadarus Al-Qur’an terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII di SMPN 13 Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Sedangkan pada analisis uji hipotesis, karena penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, maka untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi : pertama, pembiasaan tadarus Al-Qur’an siswa kelas VIII SMPN 13 Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016 termasuk dalam kategori cukup, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata dari data pembiasaan tadarus Al-Qur’an sebesar 32 yang berada pada interval 31-32. Kedua, kedisiplinan siswa kelas VIII SMPN 13 Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016 termasuk dalam kategori baik, hal ini dibuktikan dengan nilai
viii
rata-rata dari data kedisiplinan sebesar 32 berada pada interval 32-34. Ketiga, pembiasaan tadarus Al-Qur’an berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII SMPN 13 Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 3,846 lebih besar dari nilai ttabel = 2,042 dengan tingkat kesalahan 5%.
17SK1721487.00 | SK PAI 17.487 ROK p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain