SKRIPSI PAI
Aplikasi Metode Drill dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Kelas IX.1 di MTs Negeri Pemalang Tahun 2013/2014
MTs Negeri Pemalang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempelajari bahasa Arab.Dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas IX.1 tidak selalu sesuai dengan harapan. Banyak kendala-kendala yang harus dihadapi diantaranya : Dalam menyampaikan materi bahasa Arab, guru kurang memperhatikan aspek variasi pembelajaran, sehingga peserta didik mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran; Selain itu guru juga kurang menyadari bahwa antara peserta didik yang satu dengan yang lain mempunyai perbedaan yang menonjol; Peserta didik kurang memiliki motivasi dalam belajar; Kesan bahwa bahasa Arab sangat sulit, sukar dan ruwet yang menjadikan penguasaan kosa kata dan perbendaharaan kosa kata peserta didik rendah.
Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana Aplikasi metode drill dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab pada kelas IX.1 di MTs Negeri Pemalang Tahun 2013/2014 dan faktor pendukung serta faktor penghambat. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Aplikasi Metode Drill dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab pada kelas IX.1 di MTs Negeri Pemalang Tahun 2013/2014 dan faktor pendukung serta faktor penghambatnya.
Penelitianini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis dengan memberikan predikat kepada variabel yang akan diteliti sesuai dengan tolak ukur yang telah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Metode drill dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab pada kelas IX.1 di MTs Negeri Pemalang Tahun 2013/2014 sudah sesuai dengan tujuan dalam metode pembelajaran bahasa Arab dan bisa dikatakan baik karena pelaksaan pembelajaran sudah disusun sebelum pembelajaran dimulai. Aplikasi metode drill dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab pada kelas IX.1 di MTs Negeri Pemalang Tahun 2013/2014 sudah sesuai dengan langkah-langkah penggunaan metode drill yaitu langkah pertama aperspsi, langkah kedua menyajikan informasi dan langkah ketiga evaluasi
17SK1721480.00 | SK PAI 17.480 NAF a | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain