SKRIPSI PAI
Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Anak untuk Belajar Hafalan Juz Amma di Madrasah Diniyah Islamiyah Al-Munawaroh Klidang Lor Kecamatan Batang Kabupaten Batang
Upaya guru adalah suatu bentuk usaha yang dilakukan oleh guru untuk mengajar, mendidik dan memberikan ilmunya dalam proses belajar mengajar dan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan sekolah. Minat anak adalah kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar pada anak terhadap sesuatu. Sedangkan belajar hafalan juz ‘amma yaitu suatu kegiatan belajar untuk menghafalkan surat-surat pendek yang terdapat di dalam juz ‘amma. Madrasah Diniyah Islamiyah Al-Munawaroh adalah satu-satunya sarana pembelajaran agama bagi anak-anak yang ada di desa Klidang Lor Kecamatan Batang. Di sini peneliti melihat sebagian anak-anak di desa Klidang Lor awalnya putus belajar agama. Alasan anak berhenti sekolah belajar agama karena kurikulumnya di samakan dengan kurikulum pondok, yaitu pelajarannya hafalan tentang Tauhid, Hadits, Juz ‘Amma, Sorof, Bahasa Arab. Dan khusus pelajaran hafalan Juz ‘Amma, karena itu, anak menjadi takut untuk hafalan dan menjadikan anak berhenti sekolah belajar agama atau pendidikan nonformal. Untuk anak kelas 2 madin hafalan surat Al-Fatihah sampai surat Al-Asr, kelas 4 madin hafalan surat At-Takatsur sampai Ad-Dhuha dan kelas 5 madin hafalan surat Ad-Dhuha sampai surat An-Naba’.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dirumuskan permasalahan yaitu: (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan minat anak untuk belajar hafalan Juz ‘Amma di Madrasah Diniyah Islamiyah Al-Munawaroh Klidang Lor Kecamatan Batang Kabupaten Batang?, (2) Apa saja faktor-faktor penghambat dan pendukung hafalan Juz ‘Amma pada anak-anak di Madrasah Diniyah Islamiyah Al-Munawaroh Klidang Lor Kecamatan Batang Kabupaten Batang?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian dari skripsi ini adalah bahwa upaya guru dalam meningkatkan minat anak untuk belajar hafalan Juz ‘Amma di Madrasah Diniyah Islamiyah Al-Munawaroh Klidang Lor Kecamatan Batang Kabupaten Batang adalah dengan cara menceritakan asbabul nuzulnya surat yang anak hafalkan sehingga mereka paham akan manfaat dalam menghafal Juz ‘Amma, maka timbullah kesemangatan dari diri anak-anak untuk bisa menghafalnya dan memberi motivasi pada anak-anak dalam menghafal Juz ‘Amma yaitu dengan cara memberi suport kepada anak agar tambah semangat dan yakin bahwa mereka pasti bisa menghafalkan Juz ‘Amma, dengan memberi pujian dan hadiah bagi anak yang mampu menghafal Juz ‘Amma dengan tartil dan fasih sesuai urutan ayat-ayat dan sesuai ilmu tajwid sebagaimana yang telah tertulis dalam kitab tajwid yang mereka pelajari di Madrasah Diniyah Islamiyah Al-Munawaroh dan mengingatkan kepada anak-anak bahwa barang siapa yang hafal Al-Qur’an akan sangat besar pahalanya yang akan Allah berikan kepadanya. Dan faktor yang menghambat dari hafalan Juz ‘Amma yaitu kurangnya pengawasan dari orang tua dalam memperhatikan anak untuk belajar menghafalkan Juz ‘Amma di rumah dan anak masih suka bermain-main. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu adanya ngaji rutin Al-Qur’an yang diadakan di Pondok Pesantren Al-Munawaroh setiap ba’dal Maghrib.
17SK1721475.00 | SK PAI 17.475 SET u | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain