SKRIPSI PAI
Analisis Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Al Quran Hadits Melalui Metode Make a Match Pada Siswa Kelas IV MI Darussalam Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang
Al-Qur’an dan Hadis sangat penting untuk dipelajari. Melalui Pelajaran Al-Qur’an dan Hadis diharapkan dapat dibangun kepribadian yang utuh yang dapat mendukung sifat-sifat utama sebagai modal bagi manusia pembangunan yang dicita-citakan oleh usaha pendidikan sekolah. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak peserta didik yang prestasinya masih rendah . Hal inilah yang terjadi pada peserta didik Kelas IV MI Darussalam Juragan Kandeman Batang. Salah satu upaya yang dapat dimaksimalkan adalah perlunya penggunaan metode pembelajaran yaitu metode make a match.
Adapun rumusan masalah adalah bagaimana hasil belajar Al-Qur’an Hadits kelas IV MI Darussalam Juragan? Dan bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits melalui metode make a match pada siswa kelas IV MI Darussalam Juragan?. Kegunaan penelitian secara teoritis adalah menambah wawasan dan mengembangkan pembelajaran dengan metode pembelajaran make a match sehingga proses pembelajaran lebih efektif dan dapat meningkatkan meningkatkan pemahaman mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Sedangkan secara praktis adalah pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits meningkat dari metode sebelum atau metode lainya khususnya untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan jenis pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas (hasil belajar) dan variabel terikat (metode make a match). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpuan data dengan menggunakan observasi dan tes. Tehnik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis data penelitian tindakan kelas.
Hasil analisis penelitian ini adalah Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas IV dapat dikatakan belum cukup memenuhi standar KKM yaitu 7.00, karena itu peneliti berinisiatif menggunakan metode make a match. Pelaksanaaan metode make a match sesuai dengan rencana peneliti dalam kegiatan pembelajaran siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Penggunaan metode make a match dapat dikatakan berpengaruh baik terhadap perkembangan prestasi siswa dalam belajar yang semula pada tahap pendataan rata-rata kelas hanya 54,14 atau dari 29 siswa hanya 8 siswa (28%) yang nilainya berada di atas rata-rata dan 21 siswa (72%) nilainya di bawah rata-rata, kemudian pada siklus II dengan menggunakan metode make a match nilainya naik menjadi 58,96 atau dari 29 siswa, 11 siswa (38%) yang nilainya di atas rata-rata dan 18 siswa (62%) di bawah rata-rata, kemudian karena dirasa belum memenuhi standar KKM yaitu (7,00) maka peneliti menggunakan metode make a match lagi nilainya menjadi 81,03 atau dari 29 siswa, 23 siswa (79%) yang nilainya di atas standar dan 6 siswa (21%) yang di bawah rata-rata.
17SK1721468.00 | SK PAI 17.468 ZUL a | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain