SKRIPSI PAI
Manajemen Taman Penitipan Anak (TPA) PAUD Ar-Ridlwaniyah Kradenan Kecamatan Pekalongan Selatan
Peningkatan kualitas sekolah merupakan suatu hal yang perlu
direncanakan dan dilaksanakan. Sekolah berkualitas akan melahirkan lulusan
yang berkualitas, baik kualitas dalam hal pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan
pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar kebeberapa arah
pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, dan emosional. Salah satu
jenis layanan pendidikan anak usia dini adalah Taman Penitipan Anak (TPA).
Layanan ini merupakan salah satu bentuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
nonformal yang diarahkan pada kegiatan pengasuhan anak bagi orang tua yang
mempunyai kesibukan kerja, sehingga memerlukan sebuah layanan pengasuhan
anak yang selain berfungsi untuk menjaga anak-anak mereka juga memberikan
pendidikan. Untuk mengetahui kualitas sekolah maka perlu memahami bagaimana
manajemen perencanaan dan pengelolaan di TPA Pendidikan Anak Usia Dini.
Kualitas mutu pendidikan perlu diketahui maka peneliti perlu
memfokuskan permasalahan sebagai berikut : Bagaimana Manajemen pendidikan
di TPA PAUD Ar-ridlwaniyah?, penelitian bertujuan untuk menambah wawasan
tentang pentingnya manajeman pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang diuraikan melalui
analisis induktif deskriptif. PAUD Ar-ridlwaniyah Kradenan Pekalongan Selatan
sebagai lokasi penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian penulis bahwa perencanaan yang dilakukan oleh guru di
TPA Ar-ridlwaniyah dimulai dari pembuatan perencanaan pembeajaran yang
berpedoman pada permen no.58 tahun 2009 tentang stándar pendidikan anak usia
dini dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak, membuat metode
pembelajaran yang mudah dan dan mengasikkan. Pengelolaan yang dilakukan
yakni pengelolaan yang di lakukan ketika waktu pembelajaran dan waktu setelah
pembelajaran, waktu pembelajaran dengan metode sentra merupakan metode anak
masuk dalam ruangan yang sudah mempunyai jadwal sentra masing-masing, di
dampingi oleh wali kelas dan guru sentra. Strategi pembelajaran yang kreatif aktif
dalam kegiatan dapat menjadikan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan.
17SK1721466.00 | SK PAI 17.466 ISL m | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain