SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Card Sort Pada Pembelajaran Tentang Sifat Wajib Bagi Allah SWT di TPQ Tahsinatul Qurro Mayangsari Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Salah satu tanggung jawab seorang pendidik yaitu pendidikan keimanan. Dalam mengajarkan tentang keimanan pada anak diperlukan suatu metode yang dapat menarik, serta mudah bagi anak. Usia TK adalah masa yang mempunyai kecenderungan aktif. Kegiatan mencatat, mendengarkan, menirukan membuat anak merasa bosan, terutama bagi anak yang cenderung aktif. Ketika guru menemukan kelas yang sebagian besar siswanya aktif, penggunaan metode ceramah saja tidak cukup. Sehingga diperlukan suatu metode yang dapat menarik, mudah serta tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Dengan penggunaan variasi mengajar berupa metode card sort diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar.
Permasalahan yang dibahas meliputi bagaimana Implementasi metode card sort pada pembelajaran tentang sifat wajib bagi Allah Swt., serta faktor yang mendukung dan menghambat Implementasi metode card sort pada pembelajaran tentang sifat wajib bagi Allah Swt. Dan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode card sort pada pembelajaran tentang sifat wajib bagi Allah Swt. dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode card sort pada pembelajaran tentang sifat wajib bagi Allah Swt. di TPQ Tahsinatul Qurro’ Mayangan Wiradesa. Adapun kegunaan dari skripsi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pikiran bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan diharapkan dapat digunakan sebagai acuan penelitian berikutnya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik analisis dengan cara mereduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi metode Card Sort di TPQ Tahsinatul Qurro’ Mayangan Wiradesa tergolong baik. Dibuktikan pada saat pembelajaran anak terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelajaran. Selain itu, siswa terlihat bahagia dan menikmati kegiatan belajar mengajar dengan metode yang digunakan oleh guru. Faktor yang mendukung implementasi metode card sort diantaranya adalah adanya kemampuan serta keterampilan guru dalam menggunakan metode Card Sort, motivasi yang tinggi pada siswa sehingga menciptakan pembelajaran aktif, efektif, dan menyenangkan baik bagi guru maupun siswa. faktor penghambatnya yaitu minimnya waktu belajar, usia, dan daya serap anak dalam menerima materi pelajaran.
17SK1721464.00 | SK PAI 17.464 HID i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain