SKRIPSI PAI
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Washoya Al Aba Lil Abna Karya Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari
Keberhasilan suatu umat atau bangsa dalam memperoleh tujuannya tidak hanya ditentukan oleh melimpahnya sumber daya alam, tetapi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya itu sendiri. Bahkan ada yang mengatakan bahwa, bangsa yang besar dapat dilihat dari kualitas ataupun karakter bangsa ( manusia) itu sendiri. Pendidikan tidak hanya mendidik untuk menjadi manusia yang cerdas, tetapi juga membangun kepribadiannya agar berakhlak mulia. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari dan Bagaimana konsep pendidikan karakter perspektif kitab Washoya Al Abaa’ Lil Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari?. Jenis penelitiannya adalah penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer adalah berupa kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dan data sekunder adalah bersumber dari berbagai buku yang berkaitan dengan pendidikan karakter atau akhlak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode membaca, memahami, mempelajari dan menganalisis. Untuk menganalisis data dengan menggunakan metode deskriptif dan content analysis lalu ditarik dengan kesimpulan. Dari hasil penelitian kualitatif yang penulis laksanakan kandungan pendidikan karakter dalam kitab Washoya Al-Abaa͛ Lil Abnaa͛’ karya Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari mencakup tiga hal yaitu, tanggung jawab terhadap Allah SWT yang mencakup pula kewajiban terhadap rasulullah, tanggung jawab sebagai manusia baik individu maupun sosial, dan tanggung jawab terhadap alam.Pengembangan nilai-nilai demokratis ada dalam materi adabnya pertemuan belajar, berdiskusi, dan menuntut ilmu. Pengembangan ikatan sosial dan kebhinekaan dan pengembangan kehidupan pribadi ada dalam beberapa materi yang kaitannya dengan karakter yang baik atau akhlak yang terpuji seperti, jujur, amanah, ‘iffah, tawahdu’, percaya diri
17SK1721463.00 | SK PAI 17.463 MUS n | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain