SKRIPSI PAI
Upaya Sekolah Dalam Mencipatakan Lingkungan Belajar Yang Religius di MTs Salafiyah Kelurahan Jenggot Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2015
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan tahuan penulis tentang upaya MTs Salafiyah kelurahan Jenggot dalam menciptakan lingkungan belajar yang religi. Melalui pendidikan diharapkan setiap peserta didik memiliki sikap religius dimanapun mereka berada. Salah satu lembaga yang memberikan pendidikan pada anak adalah sekolah, sekolah merupakan tempat anak mendapatkan ilmu pengetahuan dan interaksi sosial. Sekolah diharapkan dapat mencegah menurunnya kemerosotan moral pada anak dan diperlukan penanaman nilai-nilai keagamaan pada diri peserta didik. Namun untuk memberikan pemahaman pada peserta didik mengenai nilai-nilai keagamaan tidak bisa hanya melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam, melainkan diperlukan lingkungan belajar yang penuh dengan nilai-nilai keagamaan. Lingkungan belajar yang religius merupakan tempat belajar peserta didik yang tidak hanya mengajarkan teorinya saja melainkan di dalam suasana dan kegiatannya yang penuh dengan nilai-nilai keagamaan.
Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana upaya sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius di MTs Salafiyah Kelurahan Jenggot Kota Pekalongan tahun ajaran 2015 dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius di MTs Salafiyah Kelurahan Jenggot Kota Pekalongan tahun ajaran 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan sekolah dan faktor-faktor pendukung serta penghambat dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius di MTs Salafiyah Kelurahan Jenggot Kota Pekalongan tahun ajaran 2015. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan sumbangan pemikiran bagi MTs Salafiyah Kelurahan Jenggot Kota Pekalongan untuk lebih mengembangkan program dalam upaya sekolah menciptakan lingkungan belajar yang religius di MTs Salafiyah Kelurahan Jenggot Kota Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, mengambil tempat penelitian di MTs Salafiyah Kelurahan Jenggot Kota Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisi data dilakukan secara deskriptif yaitu mengambil kesimpulan dari yang khusus ke umum serta analisa deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius sudah dilaksanakan cukup baik, dilihat dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan penuh dengan nilai-nilai agama yang dilakukan secara terpogram, berkesinambungan, dan mendapat pengawasan yang tegas. Kegiatan-kegiatan yang lakukan adalah pembacaan asmaul khusna, pembacaan doa bersama, tadarrus al-Qur’an, sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, pembacaan shalawat, pembacaan istighotsah, ziarah kubur, hafalan juz amma, madrasah diniyah, pemisahan peserta didik laki-laki dan perempuan, 5s. Faktor pendukung yang datang dari masyarakat yang senantiasa membantu dalam melancarkan upaya sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius antara lain mengizinkan peserta didik melaksanakan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjama’ah di mushola milik warga. Faktor penghambat datang dari kebiasaan peserta didik di luar sekolah seperti kenakanlan-kenakalan di sekolah dasar.
17SK1721460.00 | SK PAI 17.460 DEW u | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain