SKRIPSI PAI
Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa MIS Ngalian Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016
Banyak hal yang mempengaruhi hasil belajar dalam proses pembelajaran, peranan guru sebagai pelaksana pembelajaran perlu meningkatkan profesionalismenya dalam hal kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dengan kata lain profesionalisme merupakan salah satu syarat agar hasil belajar siswa siswa di sekolah menjadi baik. Selain itu profesionalisme guru juga merupakan suatu rangsangan bagi siswa agar lebih termotivasi dalam belajar.
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) bagaimana profesionalisme guru MIS Ngalian Tirto Kabupaten Pekalongan?2)bagaimana motivasi belajar siswa MIS Ngalian Tirto Kabupaten Pekalongan?3) bagaimana pengaruh profesionalisme guru dengan motivasi belajar siswa MIS Ngalian Tirto Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah: 1)untuk mengetahui profesionalisme guru MIS Ngalian Tirto Kabupaten Pekalongan 2)untuk mengetahui motivasi belajar siswa MIS Ngalian Tirto Kabupaten Pekalongan dan 3)untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dengan motivasi belajar siswa MIS Ngalian Tirto Kabupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah: 1)Secara teoritis, diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah di bidang pendidikan, dan secara praktis menjadi sumbangan pemikiran bagi MIS Ngalian Tirto Kabupaten Pekalongan untuk lebih meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar.
Metode Penelitian, meliputi desain penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan penelitiannya adalah penelitian lapangan. Populasi dari penelitian ini adalah 214 siswa MIS Ngalian. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, interview, dokumentasi dan angket, dengan teknik analisis statistik menggunakan rumus regresi linier sederhana.
Hasil penelitian: 1)profesionalisme guru sudah baik, dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil angket tentang profesionalisme guru MIS Ngalian adalah 69, nilai ini terletak pada interval persentase nilai 69-72 yang artinya baik 2) Motivasi Belajar Siswa MIS Ngalian adalah baik, dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil angket tentang motivasi belajar siswa MIS Ngalian adalah 66, skor rata-rata ini terletak pada interval rata-rata skor 64-67 yang artinya cukup, dan 3)profesionalisme guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa MIS Ngalian. Dari uji hipotesis diperoleh Freg= 9,66458989 kemudian dikonsultasikan dengan Ftabel, sedangkan db untuk RK penghitung ialah 33 berarti berada di antara 32-34. Ftabel 32= 4,15 (0,05; 1,32) dan 7,50 (0,01; 1,32). Dengan demikianFreg = 9,66458989>4,15(0,05; 1,32) berarti signifikan; Freg = 9,66458989>7,50 (0,01; 1,32) berarti signifikan. Dengan demikian, semakin tinggi profesionalisme guru maka semakin meningkat motivasi belajar siswa MIS Ngalian tersebut. Hal ini menunjukkan ada pengaruh positif yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa MIS Ngalian.
17SK1721458.00 | SK PAI 17.458 KHO p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain