SKRIPSI PAI
Pembelajaran Membaca Kitab Fathul Qorib dengan Metode Amtsilati di Pendidikan Al Quran Al Karomah Tirto Pekalongan
Pendidikan Al-Qur’an Al-Karomah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang pembelajaran membaca kitab fathul qorib dengan metode amtsilati dimasukkan dalam kurikulum pembelajaran, karena melihat pentingnya pengetahuan tentang hukum-hukum syar’at islam untuk kehidupan sehari-hari. Pembelajaran ini dilaksanakan pada jenjang markhalah mutawasithah dan markhalah mutaqoddimah, yang dimana jenjang ini sebagai lanjutan dari markhalah ula,dari pembelajaran tersebut diharapkan lulusan-lulusan PA Al-Karomah tidak hanya bisa membaca al-Qur’an dengan benar dan lancar tetapi juga bisa memahami arti al-Qur’an dan membaca kitab kuning mengunakan metode amtsilati.
Untuk mengetahui Pembelajaran membaca kitab fathul qorib dengan metode amtsilati, ada permasalahan yang harus dikaji: bagaimana pembelajaran membaca kitab fathul qorib dengan metode amtsilati, dan Bagaimana kemampuan peserta didik dalam membaca kitab fathul qaribdengan metode amtsilati di PA Al-Karomah Tirto. Dari kedua masalah tersebut, penulis mempunyai tujuan dalam penelitian yang ingin dicapai, yaitu untuk mengetahui secara jelas tentang bagaimana pembelajaran yang diajarkan dengan metode amtsilati, dan untuk mengetahui kemampuan peserta didik untuk membaca kitab fathul qorib dengan menggunakan metode amtsilati di PA Al-Karomah Tirto Pekalongan.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data, penulis menggunakan analisis deskriftif dan induktif.
Setelah melakukan pengamatan dan pengumpulan data dari PA Al-Karomah, penulis mendapatkan hasil penelitian, bahwa PA Al-Karomah cukup berhasil dalam kemampuanmembaca kitab fathul qorib dengan menggunakan metode amtsilati. Dilihat dari peserta didik yang mengikuti sidang tahsis dan semuanya lulus dengan predikat memuaskan dan baik. Dari semua itu pula tidak lepas dari beberapa faktor penunjang dalam belajar, sehingga mencapai keberhasilan yang maksimal.
17SK1721457.00 | SK PAI 17.457 BAD p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain