SKRIPSI PAI
Strategi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Santri Pondok Pesantren Manbaul Falah Sampangan Pekalongan
Latar belakang dalam skripsi ini yaitu adanya permasalahan yang
sering bertentangan dengan pendidikan karakter di Pondok pesantren Manba’ul
Falah yakni Ghosob atau mencuri, banyak santri yang dengan kesadaran dirinya
memakai atau meminjam barang yang bukan haknya contoh seperti meminjam
sepeda ontel tanpa izin, memakai baju, sandal bahkan seperti perlengkapan
mandi tanpa izin hal ini termasuk dalam kategori ghosob karena berlawanan
dengan apa yang diajarkan di pondok pesantren, bahkan saat pengajian kitab
kuning santri ada yang berani membolos untuk sekedar online di warnet
ataupun bermain Playstation.
Permasalahan dalam penelitian skripsi ini yaitu bagaimana strategi
pelaksanaan pendidikan karakter santri pondok pesantren Manba’ul Falah
Sampangan Pekalongan, apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang
ditanamkan pondok pesantren Manba’ul Falah Sampangan Pekalongan, dan
bagaimana hasil pendidikan karakter pondok pesantren Manba’ul Falah
Sampangan Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
strategi pelaksanaan pendidikan karakter santri pondok pesantren Manba’ul
Falah tetang pendidikan karakter santri, untuk mendeskripsikan nilai-nilai
pendidikan karakter yang ditanamkan di pondok pesantren Manbaul Falah
Sampangan Pekalongan, dan untuk mendeskripsikan hasil pendidikan karakter
pondok pesantren Manbaul Falah Sampangan Pekalongan. Adapun Secara
praktis penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif mengetahui
strategi pelaksanaan pendidikan karakter di pondok pesantren, dan hasil
penelitian ini diharapkan dapat menyumbang khasanah ilmu pengetahuan dan
mengembangkan pendidikan agama Islam. Adapun secara teoretis Bagi kyai,
sebagai motivasi untuk melaksanakan pendidikan karakter santri demi
terciptanya pribadi santri yang Islami., Bagi santri, sebagai sarana meningkatkan
pengetahuan keagamaan dan sebagai upaya mengamalkan nilai-nilai pendidikan
karakter., dan bagi orang tua, sebagai motivasi orang tua memberikan
pendidikan karakter bagi anak di lingkungan pondok pesantren.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam
mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik
interview/wawancara dan teknik dokumentasi. Dan dalam menganalisis data,
penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
17SK1721456.00 | SK PAI 17.456 HID s | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain