SKRIPSI PAI
Pola Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal di Desa Pesantunan Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes
Anak usia dini merupakan individu yang berbeda, unik dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Pada masa ini stimulasi seluruh aspek perkembangan memiliki peran penting untuk tugas perkembangan selanjutnya. Sel-sel tubuh anak usia dini tumbuh dan berkembang sangat pesat, pertumbuhan otak pun sedang mengalami perkembangan yang sangat luar biasa, demikian halnya dengan pertumbuhan dan perkembangan fisiknya. Dan kewajiban bagi orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah yang baik, guna memberikan dan merangsang perkembangan anak pada usia dini agar menjadi anak yang berguna bagi diri sendiri, agama, nusa dan bangsa. Taman kanak-kanak didirikan sebagai wahana lembaga pendidikan untuk membantu mendidik perkembangan kepribadian anak meliputi aspek moral, agama, kognitif, motorik, bahasa dan sosial emosional. di TK Aisyiyah Bustanul Athfal di Desa Pesantunan Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes mempunyai keistimewan-keistimewaan dalam mendidik murid-muridnya. Diantara keistimewaan itu adalah lulusan dari Sekolah tersebut banyak yang mendapatkan keterampilan sebagai bekal untuk tahap pendidikan selanjutnya.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang dapat diangkat adalah: Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksnaan pendidikan agama Islam di TK Aisyiyah Bustanul Athfal di desa Pesantunan Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, Bagaimana pola pendidikan agama Islam pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal di desa Pesantunan kecamatan Wanasari kabupaten Brebes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab dari pernyataan dari pertanyaan-pertanyaan rumusan masalah diatas. Kegunaan Penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan khasanah ilmu pengetahuan dalam memberikan pendidikan agama sebagai dasar pendidikan pada anak usia dini bagi penulis dan bagi pembaca yaitu mengenai faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak usia dini, Sebagai informasi untuk dunia pendidikan yaitu tentang pola pendidikan agama Islam pada anak usia dini.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah dengan pendekatan kualitatif dan Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Kemudian dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dengan pola berfikir induktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pola pendidikan agama Islam pada anak usia dini di Desa Pesantunan Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes menunjukan bahwa pemilihan metode pendidikan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal di desa
Pesantunan sudah tepat dalam memberikan materi pendidikan agama Islam. Metode tersebut meliputi metode keteladanan, metode bernyanyi, metode pembiasaan, metode pemberian tugas, metode karyawisata, metode sains, metode tanya jawab dan metode demonstrasi. Kemudian hasil penelitian dari Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksnaan pendidikan agama Islam di TK Aisyiyah Bustanul Athfal di desa Pesantunan kecamatan Wanasari kabupaten Brebes yakni faktor pendukungnya meliputi: fasilitas yang memadai, pemilihan metode yang tepat, mengembangkan aspek-aspek perkembangan murid, kualitas guru yang sesuai dengan anak usia dini dan agamanya bagus, struktur organisasi kepengurusan yayasan sekolah, administrasi sekolah dan pengajar dikatakan baik dan bagus. Faktor penghambatnya yakni meliputi: alat peraga yang akan digunakan saat penyampaian pembelajaran tidak musim.
17SK1721455.00 | SK PAI 17.455 DAR p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain