SKRIPSI PAI
Urgensi Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Mahasiswa Tarbiyah STAIN Pekalongan
Terdapat mahasiswa yang masih kurang dalam kompetensi sosialnya. Padahal dalam pelaksanaan KKN, mahasiswa dituntut untuk dapat bersosialisasi dengan masyarakat sekitar untuk dapat mewujudkan program-program kerja yang akan dijalankan. Ketika program kerja itu dijalankan tetapi tidak ada dukungan atau kerjasama dari masyarakat setempat, maka akan menjadi hal yang sia-sia. Maka diperlukan hubungan (interaksi) yang baik antara mahasiswa dengan masyarakat setempat. Menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat diperlukan yang namanya kompetensi sosial.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan KKN Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 mahasiswa tarbiyah STAIN Pekalongan dan apa urgensi pelaksanaan KKN Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 dalam meningkatkan kompetensi sosial mahasiswa tarbiyah STAIN Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan pelaksanaan KKN Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 mahasiswa tarbiyah STAIN Pekalongan dan mengetahui urgensi pelaksanaan KKN Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 dalam meningkatkan kompetensi sosial mahasiswa tarbiyah STAIN Pekalongan. Kegunaan penelitian ini secara teoritis dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan menambah wawasan dalam bidang pendidikan. Secara praktis penelitian ini berguna sebagai bahan evaluasi bagi lembaga pendidikan khususnya STAIN Pekalongan, sebagai bekal untuk mempersiapkan diri menjadi calon pendidik bagi penulis dan sebagai masukan bagi mahasiswa lain.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian yang dilakukan ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dekskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan KKN semester genap tahun ajaran 2015/2016 mahasiswa tarbiyah kurang efektif karena mahasiswa tarbiyah belum memahami sebenarnya maksud dari tahapan-tahapan yang di agendakan oleh STAIN Pekalongan. Mereka hanya melaksanakan kegiatan sesuai dengan apa yang mereka pahami. Dalam hal program kerja, mereka memiliki beberapa program kerja yang dibentuk sesuai dengan bidang yang telah ditentukan oleh STAIN Pekalongan yaitu bidang pendidikan, keagamaan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan. Dalam kelompok, mahasiswa tarbiyah diberi tanggung jawab dalam bidang pendidikan dan agama, namun dalam bidang ekonomi, kesehatan dan lingkungan mereka tetap ikut andil membantu dengan memasukkan unsur pendidikan Islam dalam setiap program. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi, perguruan tinggi menyelenggarakan pendidikan tinggi dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu wujud pelaksanaan tanggung jawab tersebut. Oleh karena itu, KKN Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 mempunyai kedudukan yang penting. Selain itu KKN juga bisa meningkatkan kompetensi sosial mahasiswa tarbiyah STAIN Pekalongan diantaranya, mahasiswa tarbiyah mampu untuk memiliki lima dari delapan karakteristik mahasiswa yang memiliki kompetensi sosial yaitu bertanggung jawab, bekerjasama, memiliki tujuan hidup yang jelas, berempati dan tolong menolong. Untuk sikap mandiri dan kontrol diri mahasiswa tarbiyah masih kurang. Untuk disukai orang tua dan teman sebaya, mahasiswa tarbiyah lebih dekat dengan anak-anak kecil.
17SK1721454.00 | SK PAI 17.454 PUT u | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain