SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al Quran Hadits Melalui Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di Kelas V MI Maarif NU an Nur Bebel
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana skenario pembelajaran al-Qurán Hadits di MI Ma’arif NU An-Nur Bebel melalui metode cooperative integrated reading and composition (2) Apakah melalui metode cooperative integrated reading and composition dapat meningkatkan hasil belajar al-Qur’an Hadits pada siswa kelas V MI Ma’arif NU An-Nur Bebel.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas V MI Ma’arif NU An-Nur Bebel. Dari hasil observasi secara langsung di kelas V pada kondisi awal penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MI Ma’arif NU An-Nur Bebel dengan populasi 131 peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) yaitu kelas V yang jumlahnya ada 19 peserta didik.
Pada penelitian ini, penulis melakukan tindakan pembelajaran dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan aktivitas belajar peserta didik adalah 57,67% dan rata-rata tes akhir 70 dengan prosentase ketuntasan belajar 57,89%. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi dan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 75 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 90,71 sedangkan prosentase ketuntasan belajarnya mencapai 84,21%. Dari tahap-tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat peserta didik yang dari tahap siklus I dan siklus II masih mempunyai nilai skor terakhir dan nilai tes akhirnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kurang adanya motivasi belajar yang muncul pada diri peserta didik tersebut dan karena memang daya ingat atau tingkat intelektualitas maupun IQ yang rendah.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition). Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Dorongan belajar atau motivasi atau semangat belajar juga bisa berasal dari faktor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak.
17SK1721453.00 | SK PAI 17.453 FIR u | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain