SKRIPSI PAI
Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai Sumber Pembelajaran PAI Kelas XI IPA 1 di SMA N 1 Doro Kecamatan Doro Tahun Ajaran 2015/2016
Pendidikan Agama Islam adalah usaha-usaha secara sistematis dan pragmatis dalam membantu anak didik supaya mereka hidup sesuai dengan ajaran islam. Khususnya PAI dalam pelaksanaannya dilapangan, hingga sekarang ini masih terdapat banyak kendala dan kekurangan yang terus menerus perlu dicarikan jalan keluar dan penyempurnaannya, beberapa kendala yang di alami pendidik PAI adalah diantarnya terbatasnya alokasi waktu sehingga tidak mencukupi untuk menyampaikan materi, kemudian sumber pembelajaran seperti buku khusus PAI, dan juga masih ada beberapa kendala lainnya. LKS adalah lembaran yang berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik berupa petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas, suatu tugas yang diperintahkan dalam lembar kegiatan harus jelas kompetensi dasar yang akan di capai. Di SMA N 1 Doro di gunakan sebagai salah satu sumber pembelajaran PAI, yang mana LKS tersebut mampu mengefisiensikan pembelajaran PAI di SMA N 1 Doro
Dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah dari latar belakang tersebut adalah, Apa jenis LKS yang digunakan sebagai sumber pembelajaran PAI di kelas XI IPA1 SMA 1 Doro?, Bagaimana penggunaan LKS PAI dalam pembelajaran PAI di kelas XI IPA 1 di SMA N Doro? Bagaimana sisi positif dan sisi negatif LKS PAI yang digunakan dalam pembelajaran PAI di kelas XI IPA 1 di SMA N 1 Doro?. Adapun tujuan dari penelitiannya yaitu Untuk mengetahui jenis LKS PAI yang digunakan sebagai sumber pembelajaran PAI kelas XI di SMA N 1 Doro, Untuk mengetahui penggunaan LKS sebagai sumber Pembelajaran PAI di kelas XI IPA1 SMA N 1 Doro kecamatan Doro, Untuk mengetahui sisi positif dan sisi negatif LKS yang digunakan dalam pembelajaran PAI di kelas XI IPA 1di SMA N 1 Doro
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitiatif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diteliti menggunakan subjek dan objek penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data tertulis yang diolah dari sumber-sumber informasi yang telah digali. Dan penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach).. Mengggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dengan analisis data melalui data deskriptif deduktif, dengan proses analisis sebagai berikut: (a) pengumpulan data (b) reduksi data (c) penyajian data (data display) (d) penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification)
Adapun hasil penelitiannya adalah LKS yang digunakan dalam pembelajaran di kelas XI IPA1 SMAN 1 Doro menggunakan jenis LKS tertutup merupakan jenis LKS yang digunakan secara sistematis dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran, LKS mempunyai peran yang sangat penting dalam kelangsungan pembelajaran PAI di kelas XI IPA1 SMA N 1 Doro, selain mengefisienkan waktu juga mengefektifkan pembelajaran, menjadikan siswa aktif dan mandiri dalam belajar, LKS yang digunakan sebagai sumber pembelajaran PAI di SMA N 1 Doro mempunyai sisi positif dan sisi negatifssi positifnya antara lain: Harganya yang murah sehingga mudah dijangkau oleh siswa juga kemasan yang ringan sehingga memudahkan siswa dalam membawa LKS, juga mudah di pelajari. Adapun sisi negatifnya Kurang bisa membimbing bagi pembaca LKS yang belum memahami bagian-
bagian tertentu, Cenderung digunakan sebagai hafalan, Terkadang siswa dalam menulis jawaban LKS tidak menggunakan hasil pemahamannya sendiri melainkan mengkopy tulisan yang ada di LKS
17SK1721447.00 | SK PAI 17.447 KHO p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain