SKRIPSI PAI
Peran Teman Sebaya dalam Proses Pembentukan Akhlak Remaja Desa Kebonrowopucang Karangdadap Pekalongan
Pendidikan yang ada bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk akhlak yang luhur. Dalam pebentukan akhlak banyak faktor yang mempengaruhinya, dalam pendidikan terdapat tiga aliran yang membahas mengenai pembentukan akhlak yaitu aliran nativisme, empirisme dan konvergensi. Dalam aliran empirisme menyatakan bahwa faktor yang membentuk akhlak seseorang adalah faktor yang berasal dari luar, seperti halnya lingkungan sosial. Lingkungan sosial banyak macamnya, seperti halnya lingkungan sekolah, lingkungan rumah, teman sebaya dan lain sebagainya. Teman sebaya merupakan teman yang memiliki umur yang relatif sama dan sering meluangkan waktu bersama. Sedangkan masa remaja merupakan masa dimana teman sebaya lebih mendominasi kehidupan remaja dibandingkan keluarga. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teman sebaya dalam proses pembentukan akhlak.
Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan diatas, maka permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana akhlak remaja desa Kebonrowopucang?, bagaimana peran teman sebaya dalam proses pembentukan akhlak remaja?. Dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana akhlak remaja desa Kebonrowopucang, untuk mengetahui dan mendeskripasikan peran teman sebaya dalam proses pembentukan akhlak remaja desa Kebonorowopucang Karangdadap Pekalongan. Dalam penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai tambahan dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah dibidang pendidikan, khususnya peran teman sebaya dalam proses pembentukan akhlak remaja. serta dapat menyumbangkan pemikiran bagi remaja agar dapat memilih teman dalam bergaul dan untuk orang tua agar lebih memperhatikan bagaimana pergaulan anak.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang menggambarkan data-data melalui bentuk kata-kata atau kalimat yang ada untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terpenuhi dari data yang diamati. Penulisan skripsi ini menggunakan bentuk penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Dan dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah remaja Desa Kebonrowopucang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan tahapan Miles Huberman.
Hasil analisis dari penelitian adalah bahwa remaja desa Kebonrowopucang memiliki akhlak yang condong kepada akhlak baik (akhlaqul karimah) tetapi terdapat remaja yang masih malakukan hal yang negatif, seperti halnya mengonsumsi alkohol dan lain sebagainya. Tanpa diketahui orang tuanya atau dengan cara bersembunyi-sembunyi. Sedangkan peran teman sebaya dalam proses pembentukan akhlak remaja adalah sebagai berikut: a. Teman sebaya sebagai sarana belajar. b. Teman sebaya sebagai panutan. c. Teman sebaya sebagai penasehat atau pengingat. d. Teman sebaya sebagai motivator. e. Teman sebaya sebagai pemaksa. e. Teman sebaya sebagai sarana bertukar pikiran
17SK1721439.00 | SK PAI 17.439 SIT p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain