SKRIPSI PAI
Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAI (Studi di SD se-Wilayah UPT Karanganyar)
Skripsi yang berjudul “ HUBUNGAN KETRAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU PAI (STUDI DI SD SE-WILAYAH UPT KARANGANYAR)” dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan. Di mana para pelaku pendidikan di era yang sekarang di tuntut untuk bisa lebih professional dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. Sementara di sisi yang lain para pelaku pendidikan juga mengalami dilema, antara lain SDM yang rendah dan adanya permasalahan-permasalahan yang kompleks di sekitar dunia pendidikan. Berangkat dari latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah yaitu: Bagaimana tingkat ketrampilan manajerial kepala sekolah di SD se-wilayah UPT Karanganyar; Bagaimana tingkat kinerja guru PAI SD se-wilayah UPT Karanganyar; Bagaimana hubungan ketrampilan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru PAI SD se-wilayah UPT Karanganyar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara ketrampilan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru PAI di SD se-wilayah UPT Karanganyar. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi di bidang pendidikan khususnya masalah manajemen kepala sekolah; dan secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi input dan pedoman bagi kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya sebagai manajer agar kinerja guru PAI dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. objek dalam penelitian ini adalah 31 kepala sekolah dan 31 guru PAI di SD se-wilayah UPT Karanganyar. Untuk mendapatkan data penelitian menggunakan metode observasi, angket, dokumen, dan interview. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi dan analisis uji hipotesis. Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa ketrampilan manajerial kepala sekolah di SD se-wilayah UPT Karanganyar masih dalam kategori kurang dibuktikan dengan perhitungan nilai rata-rata sebesar 72,51 yang termasuk dalam kategori kurang baik. Adapun kinerja guru PAI di SD se-wilayah UPT Karanganyar juga tergolong kurang baik, hal ini dibuktikan dari perhitungan angket kinerja guru PAI dengan nilai rata-rata 72,41 yang terletak dalam kategori kurang baik.
Dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis di SD se-wilayah UPT Karanganyar ini ternyata tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara ketrampilan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru PAI, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian nilai ”r” tabel (rt) pada taraf signifikan 5% rh = 0,403 < rt = 0,444 dan taraf signifikan 1% rh = 0,403 < rt = 0,561. Karena rh < rt maka hipotesis yang penulis ajukan ditolak. Koefsien Determinasi (R) menunjukkan bahwa 26,24% ketrampilan manajerial kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru PAI.
17SK1721438.00 | SK PAI 17.438 MUS h | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain