SKRIPSI PAI
Hubungan Penguasaan Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dengan Perilaku Sehari-hari Siswa Kelas IV MII Paweden Buaran Pekalongan
Dalam kehidupan sehari-hari akhlak merupakan hal yang terpenting dalam bertingkah laku. Dengan akhlak yang baik seseorang tidak akan terpengaruh pada hal-hal yang negatif. Penerapan materi aqidah akhlak dalam berbagai bidang merupakan aspek yang sangat penting yang perlu ditanamkan sejak dini terutama dalam perhatian dan pembinaan akhlak. Oleh karena itu, sangat perlu sekali jika pembinaan perilaku tersebut dilakukan melalui pembelajan aqidah akhlak di Madrasah, disamping dalam kehidupan keluarga, karena dalam pembelajaran aqidah akhlak banyak memuat materi-materi yang mengarahkan siswa untuk selalu berperilaku yang terpuji serta menjauhi yang tercela.
Rumusan Masalah yang diajukan adalah, bagaimana penguasaan mata pelajaran aqidah akhlak di MII Paweden Buaran Pekalongan, bagaimana perilaku sehari-hari siswadi MII Paweden Buaran Pekalongan, bagaimana hubungan antara penguasaan mata pelajaran aqidah akhlak dengan perilaku sehari-harisiswa di MII Paweden Buaran Pekalongan. Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan mata pelajaran aqidah akhlak kelas IV MII Paweden Buaran Pekalongan, untuk mengetahui perilaku sehari-hari siswa kelas IV MII Paweden Buaran Pekalongan, untuk mengetahui hubungan penguasaan mata pelajaran aqidah akhlak dengan perilaku sehari-hari siswakelas IV MII Paweden Buaran Pekalongan.
Adapun Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah product moment.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa: Pertama penguasaan mata pelajaran aqidah akhlak MII Paweden buaran pekalongan adalah baik. Kemudian langkah selanjutnya yaitu dengan menguji hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini. Prosedur yang ditempuh dengan mempertemukan nilai rxy diuji dengan harga kritik nilai r Product Moment dengan jumlah responden (N) sebesar 23 siswa, baik dalam taraf signifikan 5 % maupun 1%. Pada taraf signifikan 1 % telah diketahui rh = 0.20, sedangkan rt = 0.526 sehingga rh < rt atau (0.20 < 0.526). Pada taraf 5 % diketahui rh = 0.20, sedangkan rt = 0.413 sehingga rh < rt atau (0.20 < 0.413). Dari hasil perhitungan, baik pada taraf 1% maupun 5% ternyata rh (r hitung) lebih kecil dari pada rt (r tabel), maka hasilnya tidak signifikan antara Penguasaan Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dengan Perliaku Sehari-hari Siswa Kelas IV MII Paweden Buaran Pekalongan.
17SK1721433.00 | SK PAI 17.433 KHO h | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain