SKRIPSI PAI
Pola Asuh Orang Tua Tunggal dalam Membina Perkembangan Psikologi Anak SD di Kelurahan Krapyak Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan
Orang tua adalah pendidik pertama dalam lingkungan keluarga. Sikap dan perilaku orang tua terhadap anak sangat berpengaruh dalam perkembangan dan kondisi psikologis anak. Orang tua selalu berusaha mengarahkan anaknya kearah tujuan yang diinginkan, sehingga seorang anak dapat tumbuh dan berkembang baik dari segi psikologis maupun sosialnya. Peran orang tua dalam keluaraga seperti mendidik, membimbing, mengasuh, mengasihi, membesarkan, dan memenuhi kebutuhan anak seringkali mengalami kendala, sebagai orang tua yang baik harus mampu mendidik anak agar mampu menjadi anak yang berguna dan berbudi mulia. Anak yang diasuh oleh orang tua tunggal dikhawatirkan akan membawa dampak buruk bagi perkembangan psikologis anak dan pendidikannya , karena orang tua tunggal biasanya tidak bisa membagi waktu antara pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan tugas sebagai pengasuh atau pendidik dalam keluarga. Pengaruh ketidak hadiran salah satu orang tua terhadap perilaku negatif anak telah banyak dilakukan, dan hasilnya pun cenderung memberikan kesempatan yang sama bahwa anak-anak yang mengalami gejala kenakalan yang menyimpang berasal dari keluarga yang pecah, faktor penyebab perpecahan keadaan keluarga antara lain: perceraian, meninggal dunia.
Berdasakan uraian di atas, maka penulis mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana pola asuh orang tua tunggal dalam membina perkembangan psikologis anak di Kelurahan Krapyak Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan? Dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat pola asuh orang tua tunggal di Kelurahan Krapyak Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan? Kegunaaan penelitian ini secara teoritis adalah untuk memberikan wawasan tentang orang tua tunggal dalam membina perkembangan psikologis anak, dan untuk memberikan informasi tentang pentingnya pola asuh orang tua tua tunggal dalam membina perkembangan psikologis anak. Sedangkan Kegunaan Praktis : Dapat memeberikan gambaran tentang pentingnya pola asuh orang tua tunggal dalam membina perkembangaan psikologis anak SD di Kelurahan Krapyak Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan sehingga dapat dijadikan acuan para orang tua dalam mendidik anaknya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu: data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pola asuh orang tua tunggal dalam membina perkembangan psikologis anak SD di Kelurahan Krapyak Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan adalah (a) pola asuh demokratis (b) pola asuh otoriter (c) pola asuh permisif. (2) faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua tunggal dalam membina perkembangan psikologis anak SD di Kelurahan Krapyak Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan yaitu perhatian dan kasih sayang orang tua, faktor pendidikan orang tua, faktor budaya dan keagamaan, faktor ekonomi, dan faktor lingkungan.
17SK1721432.00 | SK PAI 17.432 HAN p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain